1. HOME
  2. FRESH
TRAVEL

Pentingkah Asuransi Perjalanan? Berikut Penjelasan Manfaatnya

Kapan orang akan membeli asuransi perjalanan?

By Abdul Kharis 11 Februari 2016 11:23
Ilustrasi asuransi/Pixabay

Money.id - Bagi sebagian orang, asuransi wajib diperhitungkan untuk proteksi dari berbagai risiko. Saat ini ada banyak produk asuransi yang ditawarkan kepada masyarakat, mulai dari asuransi kendaraan, jiwa, dan kesehatan yang sudah akrab didengar publik.

Namun, ada satu asuransi yang masih awam yakni asuransi perjalanan atau travel insurance. Asuransi ini meng-cover seseorang yang sedang bepergian jauh.

Perencana Keuangan CFP Mitra Rencana Edukasi Sari Insaniwati mengatakan perlu tidaknya membeli asuransi perjalanan tergantung kebutuhan. Seseorang harus melihat fitur yang di-cover oleh perusahaan asuransi yang mengadakan travel insurance.

"Tujuan asuransi perjalanan adalah mengalihkan risiko yang terjadi ketika seseorang berpergian kepada pihak lain dengan cara membayar sejumlah dana yang disebut premi," ucap Sari kepada Money.id, Kamis 11 Februari 2016.

Kapan orang akan membeli asuransi perjalanan?

Sari menjelaskan, biasanya orang membeli saat melakukan perjalanan ke luar negeri. Ada juga negara yang mewajibkan adanya asuransi perjalan saat mengajukan visa.

Sari mengungkapkan, waktu yang tepat untuk membeli asuransi perjalanan yaitu jika diharuskan negara yang akan dikunjungi.

Selain itu, travel insurance diperlukan jika perjalanan atau barang yang kita bawa berisiko, dan bisa juga khawatir terhadap kesehatan selama perjalanan.

Perlu atau tidaknya asuransi perjalanan dilihat dari beberapa fitur seperti, asuransi perjalanan akan memberikan sejumlah uang kepada tertanggung jika terjadi kematian, kehilangan anggota badan, cacat atau kelumpuhan total karena terjadi kecelakaan selama berlibur," ucapnya.

Menurut Sari, seseorang harus mempersiapkan sejak dini bila terjadi hal yang tidak diinginkan. Bukan berarti mendoakan hal buruk terjadi.

Selain itu, Sari menuturkan, ada perusahaan asuransi yang menawarkan fitur pengobatan darurat bila seseorang tiba-tiba sakit saat berlibur dan butuh biaya pengobatan.

"Asuransi perjalanan juga seringkali menawarkan manfaat untuk pemulangan jenazah atau biaya pemakaman di lokasi terjadinya musibah kematian terjadi," tuturnya.

Manfaat lain asuransi perjalan yakni perusahaan akan mengganti tiket pesawat bila tertanggung lama menunggu dan khawatir pesawat tak kunjung datang.

Asuransi perjalanan akan mengganti tiket yang sudah kita beli, jika terjadi penundaan perjalanan lebih dari batas waktu yang ditentukan (kurang lebih enam jam). Karena itu lebih baik persiapkan asuransi perjalanan sebelum berpergian menggunakan pesawat.

Walaupun biaya penanggungan asuransi perjalanan tidak sebesar asuransi kesehatan atau asuransi jiwa, namun asuransi perjalanan juga memberikan manfaat kepada satu orang keluarga, yang akan menemani atau melakukan perjalanan selama Anda dirawat di luar negeri.

Jangan takut, jika terjadi sesuatu di tempat wisata, asuransi perjalanan menawarkan juga evakuasi medis dalam bentuan medis 24 jam.

Apabila kita kehilangan barang di bagasi pesawat, jangan panik karena asuransi perjalanan menanggung kerugian karena kehilangan atau kerusakan barang yang terjadi di bagasi pesawat.

"Ada harga, ada kualitas. Makin lengkap fitur yang ditawarkan, biaya akan semakin tinggi."

Sebaliknya, asuransi perjalanan bisa menjadi tidak penting bila seseorang telah memiliki asuransi jiwa yang memiliki perlindungan saat melakukan perjalanan.

Lebih lanjut asuransi perjalanan tidak terpakai jika perjalanan kita sudah di-cover oleh kantor atau untuk transportasi dengan model tertentu sudah masuk dalam perlindungan Jasa Raharja. (poy)

 

(da/ak)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section