1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Pengaruh Posisi Duduk Saat Bekerja Bagi Kesehatan

Fakta menunjukkan bahwa menghabiskan waktu dengan duduk seharian dapat berisiko terserang berbagai penyakit mematikan.

By Azalia Amadea 22 Januari 2016 16:51
Ilustrasi posisi duduk yang benar (Foto: posturechief.com)

Money.id - Sebagian warga Jakarta merupakan pekerja kantoran yang rutinitas sehari-harinya bekerja sambil duduk di depan komputer selama delapan jam. Ternyata terlalu banyak duduk menimbulkan efek buruk bagi kesehatan.

Penelitian yang dilakukan oleh ahli jantung Martha Grogan menunjukkan bahwa mereka yang biasa duduk sepanjang hari, berisiko terkena serangan jantung sama seperti mereka yang biasa merokok.

Dilansir dalam laman lifegooroo.com Jumat 22 Januari 2016, mereka yang sering duduk sepanjang hari berisiko terkena berbagai jenis penyakit seperti obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes, kanker, batu ginjal dan depresi.

Fakta lain ditunjukkan oleh hasil penelitian para ilmuwan di Pennington Biomedical Research Center di Louisiana, Amerika Serikat yang telah menganalisa 17.000 orang selama 13 tahun lamanya.

Hasil penelitian mereka menemukan bahwa orang-orang yang menghabiskan sebagian waktunya dengan duduk setiap hari, 54 persennya meninggal akibat serangan jantung.

Banyak dari kita yang duduk di depan komputer seharian, duduk berlama-lama akibat kemacetan, atau duduk berlama-lama akibat bermain gawai.

Kebiasaan tersebut tentunya akan berefek buruk. Hal sederhana yang dapat Anda lakukan adalah dengan beristirahat sejenak.

Hal sederhana tersebut dapat dilakukan dengan cara berdiri beberapa menit, atau dengan berjalan kaki untuk pergi makan siang.

Hal terpenting lainnya yang perlu dilakukan adalah ubah posisi duduk Anda ke posisi duduk yang benar. Berikut tips mengenai posisi duduk yang benar.

1. Duduklah tegak dengan posisi tulang belakang lurus dan bahu ke belakang. Bagian paha menempel rata di kursi dan bokong menyentuh bagian belakang kursi.

2. Pusatkan tubuh pada satu titik untuk menjaga keseimbangan tubuh agar tidak goyang-goyang. Tarik kursi mendekati meja, agar posisi duduk tidak membungkuk.

3. Usahakan untuk istirahat setiap 30-45 menit sekali dengan berdiri atau melakukan peregangan.

4. Buatlah bahu Anda senyaman mungkin, usahakan agar siku tangan menekuk tepat 90 derajat, dan atur jauh dekatnya jari Anda dengan keyboard.

5. Usahakan agar telapak kaki menapak rata pada lantai, menekuk 90 derajat.

Tips peregangan: peregangan dapat dilakukan dengan bantuan kursi Anda, dengan cara memutar tubuh ke kanan dan ke kiri serta sesekali renggangkan tulang belakang dengan menekuk leher Anda seperti ingin melihat ke bawah.

Lakukan juga stretching dengan menarik kedua tangan ke atas, ke bawah, ke samping, dan ke belakang.

Cara-cara sederhana tersebut dapat membuat tubuh Anda kembali segar dan siap melanjutkan pekerjaan. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section