1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Mengungkap Sejarah Pulau Seram di Maluku

Pulau Seram merupakan pulau terbesar di Maluku yang dihuni oleh suku aliffuru.

By Azalia Amadea 20 November 2016 09:24
Pulau seram (matajatim.com)

Money.id - Pulau Seram merupakan pulau terbesar di Maluku yang dihuni oleh suku aliffuru. Selain ingin melihat pemandangan indah pulau, banyak wisatawan yang penasaran dengan asal-muasal namanya.

Melansir laman beritamalukuonline.com, Minggu 20 November 2016, ternyata nama Pulau Seram bermula dari seorang lelaki tua yang tinggal di sebelah timur pulau tersebut.

Pada suatu hari lelaki tua itu turun ke pantai dan melakukan barter dengan para pedagang setempat. Ia biasa menukarkan rotan atau kayu-kayu besar dengan piring batik atau piring tua besar serta peralatan musik tradisional.

Saat melakukan aktivitas dagang itu, baik lelaki tua maupun pedagang, ternyata tidak dapat berkomunikasi dengan jelas karena mereka tidak saling mengerti bahasa satu sama lain. Akhirnya pedagang tersebut memanggil lelaki tua dengan sebutan Selan atau Siran sedangkan lelaki tua memanggil pedagang tersebut dengan sebutan Batih atau Batik.

Seiring berjalannya waktu, penduduk setempat terbiasa memanggil lelaki tua itu dengan sebutan Selan atau Siran. Dengan dialek penduduk setempat yang berubah seiring perkembangan zaman kemudian panggilan lelaki tua itu kini menjadi Seram.

Selengkapnya baca di sini!

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section