1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Mengulik Cerita Gunung Berapi Terpencil di Sulawesi Tengah

Pada saat erupsi, Gunug Colo ini menimbulkan efek...

By Rizki Astuti 13 November 2016 11:10
Gunung Colo (Indonesiakaya.com)

Money.id - Kawasan cincin api yang membuat deretan gunung berapi aktif mudah ditemukan di sepanjang wilayah Indonesia. Tak terkecuali di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Ya, selain dikenal dengan surga bawah lautnya Indonesia, Sulteng juga memiliki gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini. Gunung itu bernama Gunung Colo, yang berada tepat di Pulau Una-Una, Kabupaten Tojo Unauna.

Aktivitas Vulkanik Gunung Colo ditandai oleh gempa vulkanik yang terjadi dari dalam gunung. Jika statusnya tidak membahayakan, para pengunjung dapat menjadikan gunung ini sebagai salah satu alternatif kunjungan jika sedang berada di kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean.

Gunung Coro
© 2016 money.id/indonesia kaya

Pulau Una-Una yang menjadi tempat berdiamnya Gunung Colo terbentuk karena letusan gunung tersebut. Gunung yang berada di Teluk Tomia ini terakhir kali meletus pada 23 Juli 1983.

Pada saat erupsi, Gunug Colo yang dalam Bahasa Bugis berarti korek api ini menimbulkan efek yang cukup dahsyat di mana dua per tiga wilayah Pulau Una-Una hangus terbakar. Letusan itu kini...

Selengkapnya baca di sini! (poy)

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section