1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Mengapa Orang Benci Hari Senin?

Ada jawaban ilmiah terkait 'sindrom' hari Senin. Dalam Journal of Positive Psychology mengatakan bahwa konsep Senin merupakan hari yang

By Stella Maris 9 November 2015 08:08
I Hate Monday (desktopwallpapers)

Money.id - Senin menjadi satu dalam tujuh hari yang paling dibenci oleh sebagian besar orang, terutama para pekerja. Ketika besok sudah masuk hari pertama kerja alias Senin, di hari Minggu, tidak sedikit yang mengeluhkannya.

Hmm, mengapa orang begitu benci hari Senin? Ada apa?

Ternyata ada jawaban ilmiah terkait 'sindrom' hari Senin. Dikutip laman BBC, Senin 9 November 2015, para peneliti Amerika Serikat dalam Journal of Positive Psychology mengatakan bahwa konsep Senin merupakan hari yang paling dibenci atau hari terburuk, harus segera singkirkan.

Dengan kata lain, pernyataan 'I Hate Monday!' pada dasarnya hanya sebuah mitos belaka. "Meskipun (masyarakat) global meyakini hari Senin adalah hari terburuk, namun kami menyarankan agar keyakinan tersebut segera ditinggalkan," tegas Prof Arthur Stone dari Stony Brook University.

Lalu apa yang memengaruhi seseorang membenci hari tersebut?

Dalam Emaxhealth, dijelaskan hal tersebut dipengaruhi oleh jadwal. Ya, di akhir pekan tidak sedikit orang yang tak menerapkan jam normal, demi menghabiskan waktunya.

Ketika rencana menghabiskan waktu tersebut terlaksana yang tersisa adalah Anda kelelahan, kualitas tidur tak tercukupi alias defisit jam tidur.  Kurang ditidur berkontribusi pada emosional Anda, seperti lekas marah, kecemasan, dan depresi.

Dalam laman Tech.co, hal lain yang menjadi pemicu adalah pola makan di akhir pekan. Di hari Jumat, Sabtu, atau Minggu adalah waktu yang tepat bagi Anda menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga bukan?

Bersenang-senang dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman memungkinkan Anda mengonsumsi makanan berlebihan. Sadar atau tidak, Anda mengonsumsi jenis makanan atau minuman yang mengandung tinggi gula.

Ternyata hal tersebut dapat memengaruhi kondisi tubuh Anda keesokan harinya. Sebuah studi menemukan, pola makan yang salah tersebut memicu kenaikan gula darah yang membuat Anda kelelahan dan lamban dalam bergerak.


(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section