1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Mau Lanjut S2? Ini Waktu yang Tepat untuk Menjalaninya

Persepsi umumnya adalah gelar S2 akan mendukung perkembangan karier...

By Dian Rosalina 4 September 2016 19:10
Ilustrasi Mahasiswa S2 (Theglasshamer)

Money.id - Kebanyakan sarjana baru sudah berpikir untuk melanjutkan jenjang pendidikan mereka lebih tinggi seperti S2 atau S3. Beberapa ada yang berhasil melanjutkan pendidikannya, namun ada juga yang memilih bekerja dibanding sekolah.

Ada banyak alasan mengapa mereka mempertimbangkan untuk mengambil S2. Persepsi umumnya adalah gelar S2 akan mendukung perkembangan karier, dan pandangan ini didukung temuan dari Georgetown University yang mengungkapkan bahwa untuk beberapa jurusan, terutama teknologi dna sains.

Apalagi jika memiliki ijasah S2 atau S3, otomatis gaji Anda tentu akan naik dua kali lipat. Namun lebih dari sekadar menunjang karier, gelar S2 sendiri juga akan memperkaya pola pikir dan pengalaman Anda. Dikutip dari Qerja.com, Minggu 4 September 2016, ini waktu yang tepat untuk Anda mengambil jalur S2, menunggu atau langsung.

1. Menunggu

Lebih Yakin

Ketika Anda memasuki dunia kerja, Anda kaan menghadapi kesibukan dan menjumpai berbagai peluang yang berkemungkinan mengubah minat Anda. Di kemudian hari, Anda mungkin akan tetap mengambil S2 namun dengan jurusan berbeda. Jadi tak ada salahnya mengambil sedikti waktu untuk menetapkan hati.

Siap Secara Finansial

Bekerja dan menabung sendiri untuk mengambil S2 memungkinkan Anda untuk menjadi mandiri secara finansial dan bebas untuk memilih program sesuai harapan.

Kaya Akan Pengalaman Kerja

Pertama-tama, beberapa program S2 mengharuskan Anda memiliki pengalaman kerja satu tahun sebagai persyaratan untuk diterima masuk program. Namun lebih dari sekedar kualifikasi semata, pengalaman kerja dapat memberi Anda perspektif unik untuk mengimbangi teori yang akan Anda pelajari di kelas.

2. Langsung

Semangat Belajar Masih Tinggi

Bagi Anda yang ingin langsung mengambil S2 setelah lulus sarjana S1, ada kelebihannya. Salah satunya adalah semangat belajar yang masih tinggi.

Segera setelah lulus kuliah, rutinitas dan gaya hidup seorang siswa masih segar terpatri dalam ingatan sehingga transisi ke kehidupan siswa S2 akan terasa lebih mudah dibanding jika Anda menghabiskan beberapa tahun untuk bekerja terlebih dulu.

Jika Bukan Sekarang, Kapan Lagi?

Bila Anda memutuskan untuk menunda, jalan hidup Anda mungkin akan mengalami perubahan tak terduga, misalnya menikah, mempunyai anak, atau kewajiban lainnya yang berisiko membuat kuliah S2 menjadi lebih sulit. Mumpung Anda belum punya tanggung jawab ekstra, segera sabet kesempatan untuk mewujudkan mimpi Anda ini.

Pilihan Belajar Makin Luas

Kemajuan teknologi memungkinkan siapa saja di mana saja untuk meraih pendidikan lebih lanjut, baik itu S1 maupun S2. Opsi mengambil kelas formal atau sertifikasi online juga semakin mudah diakses bahkan untuk Anda yang punya sederet kesibukan.

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section