1. HOME
  2. FRESH
MONEY WEEKEND

Libur Panjang, Kenalkan Anak Pada Wisata Edukasi KBR Raksasa

Para pengunjung disarankan tak memberi makan hewan atau satwa yang ada di lingkungan KBR.

By Stella Maris 5 Februari 2016 15:10
Kebun Binatang Ragunan (Ragunanzoo.go.id)

Money.id - Memasuki libur akhir panjang bulan ini, tak sedikit para orangtua mengajak anak-anak rekreasi ke beberapa tempat wisata. Salah satu yang dapat menjadi referensi adalah kawasan wisata edukasi Kebun Binatang Ragunan (KBR) sebagai taman raksasa satwa.

Terletak di Jalan Harsono RM No.1, Ragunan, Pasar Minggu, taman margasatwa ini memiliki lebih dari 2000 hewan, dimana 90 persennya asli Indonesia. Di atas tanah seluas 145 hektar ini, Anda dapat berkeliling melihat binatang yang populasinya sudah langka.

(Beruang Madu di KBR/ragunanzoo.jakarta.go.id)

Babirusa misalnya, salah satu hewan yang tersebar luas di Indonesia. Namun sejak 1996 hewan pemakan daun, buah, dan sayuran itu sudah masuk kategori hewan langka dan dilindungi.

Wisata edukasi lainnya adalah adanya Pusat Primata Schmutzer yang merupakan tempat konservasi primati Indonesia bertaraf internasional. Salah satu tempat edukasi di KBR ini berkonsep open zoo, dimana satwa yang tinggal di dalamnya, seolah-olah berada di habitatnya.

Bila ingin melihatnya, ajak di kecil ke terowongan orang utan tunnel atau terowongan orang utan. Dari atas jembatan, Anda dapat mengamati salah satu jenis kera terbesar di dunia, gorilla.

(Kebun Binatang Ragunan/ragunanzoo.jakarta.go.id)

Selain melihat satwa primata, Anda dapat mengedukasi anak dengan memanfaatkan beberapa fasilitas yang disediakan di Pusat Primata Schmutzer, ruang teater pemutaran film dokumentar, diaroma satwa dan perpustakaan.

Dengan tiket masuk pusat primata ini, Anda dan anak usia tiga tahun ke atas, cukup merogoh kocek Rp6.000 (Selasa-Jumat) dan Rp7.500 (Sabtu-Minggu dan hari libur nasional). Nah, kalau mau menyaksikan film dokumentar primata, Anda dikenakan biaya Rp150 ribu.

Bila berminat datang di hari biasa, Anda bisa melakukan reservasi lebih dulu. Namun bila datang di hari libur, film dokumenter terbuka untuk umum alias gratis.

(Gorilla/Aplikasi Ragunan Zoo)

Saat berada di pusat primata, pukul 12.00-12.30 WIB adalah waktu terbaik melihat mereka, karena bertepatan dengan jam makan siang. Namun yang harus diingat bahwa para pengunjung disarankan tak memberi makan hewan atau satwa yang ada di lingkungan KBR.

Tips: Sebelum berkunjung ke tempat ini, demi menarik minat si kecil dalam wisata edukasi, Anda dapat memperlihatkan sekilas tentang KBR. Caranya dengan mengunduh aplikasi Ragunan Zoo dari ponsel Android Anda. Tips lainnya di sini.

Tiket Masuk KBR:
Orang dewasa Rp4.000
Anak di bawah lima tahun Rp3.500
Jam Operasional 07.30-16.00 WIB (Senin libur)

 

 

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section