1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ini Negara-negara Terlama Menjalankan Puasa

Namun tahukah Anda ternyata di belahan dunia lain, ada negara yang memiliki waktu puasa terlama di dunia, bahkan ada yang hampir 24 jam.

By Dian Rosalina 11 Juni 2016 19:08
Islandia (Wikipedia)

Money.id - Puasa adalah suatu kegiatan yang wajib dilakukan oleh para muslim di dunia selama bulan Ramadan. Setiap negara memiliki durasi puasa yang berbeda-beda sesuai dengan posisi matahari.

Di Indonesia, seseorang berpuasa selama hampir 13 jam lamanya. Dan beberapa orang menganggapnya sangat lama.

Namun tahukah Anda ternyata ada negara yang memiliki waktu puasa sangat lama, bahkan ada yang hampir 24 jam, loh. Berikut ini adalah daftar negara yang memiliki durasi puasa terlama di dunia.

Islandia

Islandia adalah negara yang terletak di belahan utara bumi. Bila memasuki musim panas, matahari akan bersinar lebih lama, sedangkan di musim dingin malam akan lebih lama.

Sekarang ini, bulan puasa jatuh pada musim panas. Jadi bisakah Anda bayangkan berapa lama umat muslim Islandia menjalankan ibadah tersebut? Mereka harus menuntaskan makan sahur pada pukul dua dini hari dan baru bisa berbuka pada tengah malam, pukul 00.00.

Skandinavia

Hampir sama dengan Islandia, negara Skandinavia juga memiliki siang yang panjang di musim panas, dan malam lebih lama saat musim dingin. Jadi durasi berpuasa umat muslim di sana antara 20-21 jam.

Banyak yang tidak mampu bertahan selama itu, jadi beberapa muslim lebih memilih mengikuti waktu berbuka di Arab Saudi.

Rusia

Rusia, salah satu negara yang terletak di bagian paling utara bumi-mulai melaksanakan ibadah puasa sejak imsak pada pukul 03.15 sampai berbuka pada pukul 21.37 yang berarti muslim di sana berpuasa hampir 19 jam.

Inggris

Komunitas Islam di Inggris memperingatkan anggotanya menjaga kesehatan selama bulan Ramadan. Karena waktu puasa yang lama yaitu sekitar 19 jam bisa menimbulkan bahaya kesehatan, terutama pada manula.

Amerika Serikat

Para muslim di Amerika Serikat saat Ramadan tahun ini harus berpuasa selama 16 jam. Karena di negara tersebut tengah berlangsung musim semi ke musim panas yang membuat siang lebih lama dari biasanya.

Jepang

Umat muslim yang tinggal di Jepang berpuasa selama 15 jam 37 menit. Selain waktu yang panjang, masalah yang sering dialami mereka adalah cukup sulit menemukan restoran yang menjual makanan halal. Jadi kuatkah Anda bila berpuasa di negara-negara tersebut? (poy)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section