1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ketahui Kondisi Tubuh Melalui Tanda pada Bibir

Bibir juga dapat menjadi pertanda telah terjadi sesuatu yang salah dengan kesehatan tubuh.

By Azalia Amadea 30 Januari 2016 15:31
Ilustrasi bibir pecah-pecah (Foto: wisegeek.com)

Money.id - Kondisi tubuh sering kali tak stabil, hal ini dapat dipicu oleh beberapa faktor. salah satunya faktor pergantian musim, apalagi di Indonesia sering kali cuaca berubah-ubah drastis tanpa dapat diprediksi.

Ketika kesehatan sedang menurun, tubuh akan memperlihatkan tanda-tanda pada beberapa bagian seperti rambut, kulit, atau kuku yang menandakan bahwa kesehatan sedang terganggu.

Bibir juga dapat menjadi pertanda telah terjadi sesuatu yang salah dengan tubuh kita.

Dilansir laman boldsky.com, Sabtu 30 Januari 2016, berikut ini beberapa tanda-tanda yang terdapat pada bibir jika kondisi tubuh menurun.

1. Luka di bibir

Bintik-bintik kecil yang sangat menyakitkan dan sering kali berdarah, hal itu merupakan tanda Anda terserang infeksi virus herpes. Infeksi ini menular, untuk itu Anda harus menghindari menggunakan lipstik orang yang terinfeksi.

2. Pecah-pecah pada sudut bibir

Hal ini menunjukkan bahwa tubuh Anda kekurangan vitamin. Ini juga bisa menjadi tanda bibir Anda telah terinfeksi jamur bibir akibat stres. Stres dan kecemasan dapat menyebabkan luka di sudut bibir.

3. Bibir pucat

Bibir pucat menandakan bahwa Anda kekurangan sel darah dan anemia. Anda dapat memakan banyak sayuran hijau dan buah-buahan untuk meningkatkan asupan zat besi dalam tubuh.

4. Bibir kering

Jika bibir Anda kering jangan gunakan lip balm, sebaiknya Anda memperbanyak meminum air putih karena hal itu menandakan tubuh Anda sedang dehidrasi.

5. Bibir menggelap

Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor salah satunya merokok. Bibir menggelap juga bisa jadi karena penyakit hati, sebaiknya Anda segera memerikasakan diri ke dokter jika bibir berubah warna secara tiba-tiba.

6. Bibir bengkak

Hal ini disebabkan oleh alergi biasanya setelah meminum obat, atau memakai krim kulit, atau menggunakan lip balm. Jangan sepelekan hal tersebut, karena kadang alergi bisa berakibat fatal.

7. Bibir perih dan menyakitkan

Bibir Anda alergi pada lipstik yang digunakan atau pasta gigi juga bisa mengakibatkan hal tersebut. Hentikan pemakaian produk tersebut jika bibir Anda terasa perih. (dhi)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section