1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ketahui, Ini 5 Obat Alami Ampuh Redakan Panas Dalam

Panas dalam bukanlah termasuk dalam golongan penyakit melainkan suatu gejala datangnya penyakit.

By Azalia Amadea 14 September 2016 13:07
Panas dalam (yunhuadaily.com)

Money.id - Hampir setiap orang pernah mengalami panas dalam. Jika dilihat dari sisi medis, panas dalam bukanlah termasuk dalam golongan penyakit melainkan suatu gejala datangnya penyakit. Penyakit tersebut seperti sariawan, radang tenggorokan, gangguan pencernaan, dan juga kelelahan.

Melansir laman sehatcenter.com, Rabu 14 September 2016, panas dalam disebabkan oleh beberapa faktor seperti kekurangan vitamin C, dehidrasi, sering mengonsumsi makanan berminyak, cuaca buruk dan kekurangan serat. Namun panas dalam dapat mudah diatasi dengan beberapa obat alami berikut ini.

Air kepala muda 

Kelapa muda
© 2016 money.id/justjuicedetox.xom

Air kelapa muda yang memiliki sifat menyegarkan di tenggorokan merupakan obat alami yang tepat mengatasi panas dalam. Cara cukup dengan meminum segelas air kelapa muda segar. Tambahkan satu sendok makan madu jika ingin terasa sedikit manis. Air kelapa muda juga baik untuk bayi yang mengalami panas dalam.

Cincau

Cincau juga memiliki sifat mendinginkan sehingga baik untuk dijadikan obat alami pereda panas dalam. Anda dapat menyampur cincau dengan madu dan mengonsumsinya dua kali sehari. Selain dapat meredakan panas dalam cincau juga dapat mengenyangkan.

Kacang hijau 

Bubur kacang hijau
© 2016 money.id/lepetitoven.com

Kacang hijau juga sudah lama dikenal sebagai obat ampuh dalam meredakan panas dalam. Selain itu, kacang hijau juga dapat mengobati penyakit lainnya seperti tekanan darah tinggi, radang ginjal, muntaber, dan penyakit lainnya. Caranya cukup dengan merebus kacang hijau lalu tambahkan madu dan jahe.

Blewah

Buah blewah juga baik untuk meredakan panas dalam. Buah kuning ini mengandung nutrisi seperti mineral, kalium, vitamin A, C dan juga kaya akan serat. Nutrisi tersebut dapat membantu tubuh meredakan panas dalam serta sariawan.

Jambu biji

Selain dapat mengobati diare, ternyata jambu biji juga dapat membantu mengatasi panas dalam. Kandungan vitamin C dalam jambu biji dua kali lipat dari pada jeruk. Dari 100 gram jambu biji menghasilkan 180 gram vitamin C. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section