1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ingin Bisa Liburan Murah Berkualitas, Ini Tipsnya

Ada beberapa cara sederhana untuk memotong biaya dan menikmati kualitas liburan Anda bersama keluarga tentunya.

By Dian Rosalina 30 Desember 2015 08:34
Ilustrasi Liburan (www.rickgrantham.com)

Money.id - Berlibur ke suatu tempat tidak perlu mahal. Banyak solusi yang bisa dilakukan untuk mendapatkan liburan murah namun tetap berkesan.

Ada beberapa cara sederhana untuk memotong biaya dan menikmati kualitas liburan Anda bersama keluarga tentunya. Dikutip dari Time.com, Selasa 29 Desember 2015, murah bukan berarti murahan.

Berikut ini tips yang bisa Anda terapkan untuk memastikan Anda bisa mendapatkan perjalanan liburan yang terjangkau:

Pilih hari keberangkatan yang tepat

Sebelum Anda berlibur, tentukan hari keberangkatan yang tepat. Terutama jika Anda membawa serta keluarga.

Bila Anda menggunakan pesawat, berangkatlah di pertengahan minggu, bukan akhir pekan dan pilih penerbangan transit bila hendak ke luar negeri.

Untuk menemukan tiket murah, cobalah mencari di situs pencarian tiket pesawat yang menawarkan tarif termurah.

Pesanlah tiket setidaknya minimal satu bulan sebelum keberangkatan Anda. Perubahan tersebut dapat menghemat pengeluaran liburan Anda hingga ratusan ribu bahkan jutaan rupiah.

Bukan high season

Bila akan ke luar negeri, mengunjungi negara yang memiliki empat musim tentunya menjadi rekomendasi destinasi liburan Anda. Atau mungkin beberapa daerah destinasi liburan populer di Indonesia, seperti Bali atau Lombok.

Namun untuk berpergian ke tempat-tempat tersebut, sebaiknya Anda memilih waktu low season. Seperti bulan Maret-Mei. Akomodasi akan lebih murah dan tempat-tempat wisata tidak terlalu padat pengunjung.

Out of the box

Sudah pernah ke Lombok atau Bali? Di Indonesia masih banyak kok destinasi tempat wisata yang bisa jadi rekomendasi Anda. Serta cenderung lebih murah.

Misalnya kunjungi sepanjang pantai selatan Garut, Pameumpeuk, yaitu pantai Santolo. Pantai tersebut cukup populer di kalangan wisatawan lokal Jawa Barat.

Pantai itu menawarkan pemandangan pantai dengan hamparan pasir putih yang lembut, dan airnya pun yang masih jernih.

Penginapan murah

Sekarang banyak situs-situs yang bisa membantu Anda menemukan hotel-hotel yang murah. Bahkan di luar negeri sekalipun.

Misalnya situs Hostels.com, hostelworld.com Hotels.com, atau TripAdvisor untuk mendapatkan pilhan terbaik.

Bila sudah terlanjur dalam perjalanan dan belum menemukan penginapan, ada beberapa pilihan lain. Seperti Bungalow dan wisma yang biaya inap permalamnya lebih murah.

Makanan lokal

Biaya perjalanan membengkak biasanya bukan dari transportasi atau penginapan, tetapi dari biaya makan Anda.

Tidak bisa dipungkiri keinginan mencicipi semua makanan yang populer di tempat wisata sangat besar. Namun Anda harus menyiasati juga dengan budget yang dibawa.

Carilah tempat makan atau restoran yang tidak terlalu mahal harganya. Pilihan yang lain, Anda mencicipi makanan lokal yang ada di pinggir jalan.

Itu jauh lebih murah, ketimbang Anda harus makan di restoran yang menawarkan menu yang sama. Hanya beda fasilitas saja, rasa tetap sama, bukan? (poy)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section