1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ini Tiga Jenis Air Mata Manusia

Saat kelilipan atau memakai lensa kontak, air mata yang dikeluarkan berbeda jenisnya. Ada air mata yang bermanfaat membersihkan mata, ada pula...

By Dian Rosalina 9 November 2015 07:22
Air mata mengalir bukan hanya karena faktor emosi saja. (healthtap.com)

Money.id - Air mata adalah kelenjar yang diproduksi oleh proses lakrimasi--air mata yang disebabkan oleh rangsangan kelenjar lakrimal-- untuk membersihkan dan melumasi mata. Namun ternyata rangsangan produksi air mata, tak hanya dikeluarkan karena faktor emosi saja.

Ya, tidak sedikit orang berpendapat bahwa semua air mata itu sama. Namun sedikit yang mengetahui bahwa manusia memiliki tiga jenis air mata. Apa saja? Dikutip laman Female First, Senin 9 November 2015 kami mengulasnya.

1. Air Mata Basal
Air mata tersebut berguna untuk membersihkan mata dari kotoran-kotoran yang mencoba masuk ke dalam mata. Umumnya terjadi ketika Anda sedang kelilipan atau saat memakai lensa kontak. Air mata tersebut dikeluarkan, untuk melawan bakteri yang mencoba mengotori mata.

2. Air Mata Refleks
Air mata ini diproduksi karena adanya kotoran atau zat-zat tertentu yang membuat iritasi mata, seperti aroma bawang. Uap bawang yang menguap memberikan sensasi pedih di mata. Selain uap bawang, cahaya yang terlalu terang membuat mata memproduksi air mata refleks itu.

3. Air Mata Psikis
Inilah yang disebut-sebut, bahwa air mata keluar saat dipengaruhi oleh kondisi psikis atau emosi.  Air mata tersebut mengalir bersamaan dengan hormon enkephalin yang bermanfaat sebagai 'obat' penghilang rasa sakit alami yang ada dalam air mata.

(sm/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section