1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ini Rahasia Tubuh Tetap Langsing Selama Puasa

Untuk menghindari kenaikan berat badan saat puasa, berikut lima rahasia agar tubuh tetap langsing.

By Azalia Amadea 9 Juni 2016 13:25
Ilustrasi berolahraga saat puasa (nowloss.com)

Money.id - Saat menjalani puasa waktu makan menjadi berubah, yaitu makan sahur sebelum matahari terbit dan berbuka puasa sesudah matahari terbenam. Perubahan pola makan tersebut dapat berdampak buruk bagi tubuh jika Anda tidak memperhatikan makanan apa saja yang akan dikonsumsi.

Terlebih saat berbuka puasa kebanyakan orang 'kalap' atau makan berlebihan. Hal tersebut memang wajar terjadi karena perut kosong selama kurang lebih 12 jam. Namun jika terus dilakukan hal tersebut dapat berdampak berat badan menjadi naik.

Melansir laman boldsky.com Jumat 10 Juni 2016, kebanyakan mereka yang berpuasa mengabaikan pola makan. Hanya ingin mengonsumsi makanan yang lezat saja, tanpa memikirkan dampaknya pada tubuh. Untuk menghindari kenaikan berat badan, berikut lima rahasia agar tubuh tetap langsing selama puasa.

Tips 1: Pastikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi saat sahur dan berbuka adalah makanan sehat. Yang dimaksud makanan sehat adalah makanan yang cukup memiliki nutrisi, vitamin, protein, serat, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Hindari memakan makanan yang berminyak atau pedas. Perbanyak memakan sayuran, buah, dan makanan berkuah untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat puasa.

Tips 2: Jangan tinggalkan sahur. Sering kali orang yang berpuasa malas untuk bangun dini hari saat sahur. Sahur penting karena merupakan makanan pertama yang dapat menguatkan tubuh selama menjalani puasa. Melewatkan sahur dapat memperlambat tingkat metabolisme dan melemahkan proses pembakaran lemak tubuh.

Tips 3: Pastikan Anda minum banyak air. Mineral sangat dibutuhkan tubuh saat puasa agar terhindar dari dehidrasi. Mineral tidak hanya berasal dari air putih, Anda juga dapat meminum jus buah-buahan. Selain itu, mengonsumsi makanan berkuah juga dapat menjaga kadar mineral dalam tubuh.

Tips 4: Puasa bukan berarti Anda bermalas-malasan. Anda masih dapat melakukan berbagai kegiatan untuk menjaga tubuh tetap langsing dan sehat. Contohnya sehabis sahur sebaiknya Anda jangan langsung tidur, melainkan berolahraga ringan seperti squat, jalan-jalan pagi di taman, atau jogging.

Tips 5: Hindari menyantap makanan yang tinggi gula. Gula memiliki jumlah kalori yang banyak sehingga dapat membuat berat badan naik. Jika Anda ingin menurunkan berat badan gantilah gula Anda dengan madu atau gula palem. Selain itu, mengonsumsi kurma juga baik sebagai sumber gula alami untuk tubuh.

Kelima tips sederhana tersebut dapat menjaga berat tubuh Anda tetap proporsional selama puasa, yang berdampak tubuh menjadi langsing. Selain tubuh langsing, tubuh juga akan sehat dan kuat dalam menjalani puasa. (dwq)

Baca Juga

 

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section