1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ini Pentingnya Minum Segelas Air Putih Sebelum Tidur

Meminum segelas air putih sebelum tidur memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

By Azalia Amadea 29 Januari 2016 14:04
Ilustrasi meminum segelas air putih (Foto: mirror.co.uk)

Money.id - Sebagian dari tubuh kita merupakan air, maka dari itu tubuh sangat memerlukan asupan air yang cukup setiap harinya. Air sangat dibutuhkan untuk membantu fungsi kerja organ tubuh.

Manusia mungkin dapat menahan lapar beberapa hari, namun faktanya manusia tidak dapat menahan haus terlalu lama. Apabila tubuh kekurangan asupan air maka yang terjadi adalah dehidrasi.

Foto: framepool.com

Selain harus memenuhi kecukupan air setiap hari, Anda juga disarankan meminum segelas air putih sebelum tidur.

Dilansir dalam laman boldsky.com Jumat 29 Januari 2016, berikut alasan pentingnya Anda meminum segelas air putih sebelum tidur.

Terhindar dari dehidrasi

Meminum air putih adalah cara terbaik untuk menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi. Membiasakan meminum segelas air putih sebelum tidur dapat menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi selama tidur. Efek segar akan dirasakan tubuh ketika bangun.

Meluruhkan racun

Ketika Anda tidur terlelap air dapat membantu tubuh meluruhkan racun-racun yang tidak diperlukan. Tubuh kita banyak menyerap racun setiap harinya, baik dari makanan yang kita konsumsi atau pun udara yang kita hirup.

Membuat tidur berkualitas

Meminum segelas air sebelum tidur juga dapat membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak.

Selama tidur tidak ada aktivitas yang dilakukan, air dapat menyeimbangkan tubuh akan kurangnya asupan yang masuk ke tubuh. Air juga dapat membantu merelaksasi otot-otot dan sendi yang tegang akibat bekerja seharian.

Membantu menurunkan berat badan

Air adalah minuman dengan jumlah kalori nol. Air juga tidak memiliki rasa, namun air memiliki segala sesuatu yang dapat menjaga tubuh tetap berfungsi secara normal.

Meminum segelas air dingin sebelum tidur, dapat membakar kalori dalam tubuh. Bila Anda meminum segelas air dingin, tubuh harus bekerja ekstra untuk menghangatkan air tersebut. Ini berarti, tubuh membakar lebih banyak lagi kalori.

Mencegah kram otot

Terkadang ketika Anda melakukan peregangan badan, beberapa otot dapat mengalami kram. Hal tersebut terjadi karena kurangnya asupan air dalam tubuh.

Meminum segelas air sebelum tidur dapat mengurangi kemungkinan kram saat Anda melakukan peregangan ketika bangun tidur. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section