1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ini Hal yang Harus Dihindari Ketika Datang Bulan

Ketika wanita datang bulan, ia memasuki perubahan ekstrim pada suasana hatinya akibat rasa sakit di perut yang ia rasakan

By Putri Nabilla 22 Desember 2015 07:02
Ilustrasi datang bulan ( indolifestyle )

Money.id - Datang bulan atau menstruasi adalah keadaan alamiah yang dialami oleh setiap wanita. Beberapa dari mereka mempunyai masalah rasa sakit yang berlebih dibandingkan wanita pada umumnya.

Biasanya rasa sakit itu menyertai pusing, mual, pegal-pegal nyeri otot, atau faktor keturunan. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa wanita yang menstruasi mempunyai sejumlah fakta menarik.

Secara kebetulan menstruasi memang mempengaruhi mood seseorang menjadi berubah-ubah dan tidak menentu. Hal ini disebabkan oleh hormon progesteron yang menurunkan libido, membuat tidak seimbang saat pendarahan.

Wanita jauh lebih hiper selama periodnya berlangsung, ini bisa sangat berbahaya bagi semua orang di sekitar.

Dalam hal kesehatan, wanita menstruasi memasuki kelainan seperti perubahan ekstrem suasana hati, akibat rasa sakit di perut yang ia rasakan.

Seperti dilansir dari boldsky pada Senin 21 Desember 2015, 90 persen wanita merasa pusing dan tidak stabil karena ketidakseimbangan hormon. Berikut ini adalah beberapa hal yang paling penting dihindari selama periode Anda berlangsung.

Jangan meninggalkan olahraga

Meskipun dalam masa menstruasi, latihan sangatlah penting untuk membiasakan tubuh Anda agar tetap bergerak.

Latihan akan membantu meringankan kram dan nyeri tubuh lainnya. Jika Anda mengabaikan hal ini, tubuh akan merasa lesu dan atau bahkan dapat meningkatkan rasa kram yang Anda alami.

Tetapi perlu Anda ingat, jangan lakukan olahraga yang terlalu berat karena akan menambahkan kram perut Anda.

Jangan lupa minum susu

Daripada meminum soda, lebih baik Anda mengkonsumsi susu. Wanita yang rutin mengonsumsi susu mengalami nyeri saat menstruasi lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak meminumnya.

Susu baik untuk mengurangi kram perut. Beberapa susu mengandung asam arachadonic yang dapat menyebabkan kram. Tetapi sebaiknya Anda meminum susu almond pada periode Anda karena lebih sehat dan lebih kaya kalsium.

Jangan makan berlebihan

Kebiasaan buruk yang sebagian besar wanita lakukan saat menstruasi adalah tidak mengontrol apa yang menjadi asupan mereka. Pesta makan atau makanan berlebih yang tidak terkontrol hanya akan membuat Anda merasa lebih lesu dan berat selama tujuh hari.

Jangan melakukan waxing (mencukur bulu)

Kulit Anda lebih sensitif selama waktu siklus menstruasi, jadi cobalah untuk melakukan waxing setidaknya tiga hari sebelum Anda memasuki masa menstruasi.

Jangan pula nekat melakukan teknik cabut bulu saat masa menstruasi. Wanita mungkin mengalami rasa sakit ketika memasuki masa menstruasi karena kadar estrogen yang rendah.

Jangan mengkonsumsi obat penghilang nyeri

Rasa sakit yang dialami oleh wanita terkadang membuat sebagian dari mereka menggunakan obat pereda rasa nyeri.

Ini adalah hal yang harus Anda hindari, obat ini hanya mengurangi rasa sakit atau kram dan kembung sesaat tapi berbahaya pada jangka panjang.

Karena akan memperburuk hormon dan akan berdampak buruk pada kesehatan juga. Cara terbaik adalah untuk memilih beristirahat untuk menyembuhkan rasa sakit Anda.

Jangan mengkonsumsi makananan asin

Makanan asin akan membuat kita merasa kembung. Karena garam dapat mengikat cairan pada tubuh wanita yang sedang menstruasi, dan membuat tubuh akan semakin terasa bengkak.

Sebaiknya kurangi cemilan asin atau mi instan. Lebih baik perbanyak serat seperti buah-buahan ataupun sayur-sayuran. Pada saat haid tubuh akan selalu meminta hormon untuk mengikat banyak cairan selama menstruasi. (poy)

(pn/pn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section