1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ini Cara Cepat Mengurangi Ketegangan Mata Saat Bekerja

Ketegangan mata dapat disebabkan oleh terlalu lama menatap layar komputer atau gadget.

By Azalia Amadea 31 Agustus 2016 11:31
Ilustrasi mata tegang (healthtopia.net)

Money.id - Bagi Anda yang bekerja seharian di depan laptop atau komputer pasti pernah merasakan ketegangan pada mata. Hal ini disebabkan mata bekerja terlalu lama pada layar komputer yang mengakibatkan kelelahan.

Tentu hal ini tidak baik untuk kesehatan mata Anda. Melansir laman boldsky.com, Rabu 31 Agustus 2016, untuk mengurangi ketegangan mata Anda dapat mengikuti formula 20-20. Caranya dengan mengambil waktu istirahat selama 20 detik dan melihat ke arah bawah selama 20 detik.

Selain cara tersebut, terdapat beberapa cara lain untuk mengurangi ketegangan pada mata, simak ulasannya berikut ini.

1. Pijat mata

Cara ini merupakan cara paling efektif untuk mengurangi ketegangan mata. Cobalah untuk memijat lembut bagian lingkaran luar mata dengan jari-jari Anda. Hal ini dilakukan untuk meringankan otot-otot pada mata. Selain itu, cara ini juga dapat merangsang kelenjar air mata keluar sehingga mata tidak mudah kering.

2. Olahraga mata

Pegang lah sebuah pensil letakan tepat di depan kedua mata Anda. Gerakan pensil tersebut secara perlahan maju dan mundur. Arahkan pandangan mata Anda pada pensil tersebut, lakukan 10-15 kali. Cara inilah yang disebut olahraga mata.

3. Palming

Palming adalah salah satu metode efektif yang dapat membuat mata Anda menjadi lebih rileks. Caranya perlahan gosokan kedua telapak tangan Anda hanya untuk membuat tangan menjadi hangat. Kemudian tempelkan kedua telapak tangan di mata yang tertutup. Hitunglah sampai 10 dan buka mata Anda, lakukan selama 3-5 kali setiap hari.

4. Air dingin

Cara ini adalah cara yang paling umum dilakukan. Cipratkan air dingin pada mata yang tertutup selama beberapa kali. Dengan begitu makan otot-otot mata akan mengendur dan mencegah mata menjadi bengkak.

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section