1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ini 5 Alasan Perempuan Alami Menstruasi Tak Teratur

Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur.

By Azalia Amadea 13 September 2016 11:05
Ilustrasi wanita menstruasi (startingpointacupuncture.com)

Money.id - Menstruasi tidak teratur adalah kondisi ketika siklus menstruasi menjadi lebih lambat, lebih cepat, lewat beberapa bulan, atau bahkan tidak terjadi sama sekali.

Menstruasi adalah proses luruhnya dinding rahim yang keluar menjadi darah, biasanya terjadi selama 3-7 hari. Sewajarnya siklus menstruasi terjadi selama 28-35 hari dan terjadi sebanyak 11-13 kali dalam satu tahun. Tiap perempuan mengalami siklus menstruasi yang berbeda-beda.

Bertentangan dengan pendapat umum, menstruasi tidak teratur bukan hanya dialami perempuan yang menikah. Perempuan tidak boleh menganggap remeh ketika mengalami masalah menstruasi tidak teratur. Melansir laman boldsky.com, Selasa 13 September 2016, berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur.

1. Berat Badan Turun atau Naik Secara Ekstrem

Perempuan yang mengalami penurunan atau kenaikan berat badan ekstrem biasanya akan mengalami periode menstruasi yang tidak teratur. Hal itu terjadi karena ada hubungan langsung antara lemak tubuh dan siklus menstruasi.

2. Ketidakseimbangan Hormon

Setiap ketidakseimbangan hormon yang sedang berlangsung dalam tubuh dapat berdampak negatif pada siklus menstruasi Anda. Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan perubahan drastis dalam frekuensi dan durasi siklus menstruasi Anda.

3. Olahraga Berlebihan

Banyak perempuan yang melakukan aktivitas fisik atau latihan yang intens secara teratur. Mereka bisa mengalami menstruasi yang tidak teratur. Atlet perempuan khususnya diketahui sering mengalami gangguan seperti ini. Itu sebabnya, disarankan untuk latihan olahraga yang wajar agar tidak mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh.

4. Tingkat Stres Tinggi

Tidak heran jika stres sering dianggap sebagai ancaman menstruasi menjadi tidak teratur. Tingkat stres yang tinggi dapat mempengaruhi keseimbangan hormon dan dengan demikian menyebabkan ketidakteraturan dalam siklus menstruasi.

5. Gangguan Makan

Wanita yang menderita gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia mungkin mengalami ketidakteraturan dalam periodenya. Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga gaya hidup sehat dengan makan yang tepat dan melakukan diet seimbang. (dwq)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section