1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ingin Bebas Jerawat? Coba Konsumsi Makanan-makanan Ini

Untuk mengganti sel-sel kulit yang telah rusak dan mati, kulit membutuhkan berbagai vitamin dan nutrisi penting.

By Desy Afrianti 10 Mei 2016 11:01
Ilustrasi jerawat/timesfull.com

Money.id - Banyak orang menyadari bahwa makanan yang mereka konsumsi dapat mempengaruhi keadaan kulit wajah yaitu jerawat. Adapun jerawat terbentuk karena ada gangguan pada proses penggantian sel-sel kulit yang menyebabkan kelenjar minyak dan pori-pori kulit tersumbat oleh sel-sel kulit mati.

Akibatnya, minyak dan protein akan terperangkap di bawah kulit dan menjadi makanan bagi bakteri penyebab jerawat (P. acnes) dan memicu timbulnya jerawat.

Untuk mengganti sel-sel kulit yang telah rusak dan mati, kulit membutuhkan berbagai vitamin dan nutrisi penting, yang diperoleh tubuh dari makanan. Akan tetapi, karena makanan hanya mempengaruhi sekitar 25 persen kasus jerawat, maka sebenarnya tidak ada makanan super yang dapat mencegah terbentuknya jerawat.

Sekitar 75 persen kasus jerawat terjadi akibat perubahan kadar hormonal, stres, kurang tidur, dan tempat tinggal seseorang. Selain itu, perawatan kulit yang dilakukan oleh seseorang juga turut mempengaruhi timbulnya jerawat.

Namun, bila Anda ingin memiliki kulit yang sehat dan bebas jerawat, konsumsilah makanan sehat. Konsumsilah makanan rendah lemak, segar, dan hindari berbagai jenis daging dan produk susu yang dipenuhi oleh hormon, serta kurangi konsumsi cokelat, kentang goreng, dan junk food lainnya.

Ingin tahu nutrisi penting apa saja yang dapat membantu mencegah timbulnya jerawat--yang--dapat dengan mudah Anda temukan dalam berbagai jenis makanan?

Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa jenis vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya yang dapat mencegah timbulnya jerawat dan menjaga kulit agar tetap sehat. Vitamin, mineral dan nutrisi itu terdapat dalam makanan dan buah sebagai berikut.

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section