1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Duh, Kebiasaan Kecantikan Ini Ternyata Picu Timbulnya Jerawat

Untuk itu, selain memakai produk kecantikan, kebiasaan menjaga kebersihan juga memberikan pengaruh pada terjadinya breakout ini.

By Dian Rosalina 10 September 2016 11:25
Ilustrasi Kulit Berjerawat atau Breakout

Money.id - Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Namun setiap orang juga pasti pernah mengalami masalah kulit seperti jerawat yang lumayan parah atau muncul secara beruntun.

Kondisi yang disebut breakout ini muncul dalam bentuk jerawat yang memaksa Anda untuk melakukan segala cara untuk membasminya. Mulai dari produk perawatan kulit sampai obat-obatan yang diresepkan oleh dokter kulit. Walau sebagian manjur, namun jika salah memilih obat atau produk perawatan kulit, jerawat akan semakin bertambah parah.

Untuk itu, selain memakai produk kecantikan, kebiasaan menjaga kebersihan juga memberikan pengaruh pada terjadinya breakout ini. Dikutip dari Boldsky, Sabtu 10 September 2016, beberapa kebiasaan dalam menjaga kecantikan ini harus dihindari agar tidak terjadi breakout.

Terlalu Sering Scrubbing

Beberapa orang yang merasa memiliki wajah yang terlalu berminyak atau kulit wajah kotor, Anda mungkin akan sering melakukan scrubbing. Padahal terlalu sering melakukannya malah akan merusak jaringan kulit.

Bahkan hal tersebut bisa memicu pori-pori tersumbat dan kulit semakin meradang serta mengurangi kemampuan kulit untuk memproduksi minyak alami.

Memakai Sikat Atau Spons Makeup Kotor

Kuas atau spons makeup kotor dan lama akan mengumpulkan debu yang bisa menyumbat pori-pori dengan kotoran yang dibawanya. Jadi sangat penitng untuk membersihkan kuas makeup dan spons secara teratur.

Menggunakan Tabir Surya

Tabir Surya memang bagian yang sangat penting dari rutinitas perawatan kulit wajah Anda sehari-hari. Bahkan sangat disarankan untuk memakainya jika sering berada di luar ruangan.

Namun sayangnya ada beberapa bahan dari tabir surya bersifat comedogenic dan cenderung menyumbat pori-pori. Untuk menghindarinya, gunakan merek yang benar-benar dipercaya, dan non-comedogenic dan tidak berminyak. Memang sedikit mahal, tapi demi kulit sehat kenapa tidak?

Menyentuh Wajah dengan Tangan Kotor

Semua orang secara tidak sadar sering menyentuh wajahnya dengan tangan yang kotor. Itulah salah satu penyebab timbulnya jerawat. Hal ini karena tangan Anda mengandung bakteri yang melakukan kontak langsung dengan pori-pori kulit yang terbuka pada wajah sehingga berakhir berjerawat.

Produk Perawatan Rambut

Banyak produk perawatan rambut yang mengandung minyak, dan itu bisa menetes ke wajah Anda. Jika Anda mendapat banyak jerawat di punggung atau daerah leher, kemungkinan itu disebabkan oleh produk perawatan rambut Anda.

Memakai Makeup yang Salah

Beberapa bahan dalam produk makeup bisa menyumbat pori-pori. Atau bahkan makeup yang mengandung parfum yang kuat bisa menyebabkan kerusakan kulit. Oleh karena itu, pilih makeup yang mengandung formula yang cocok untuk jenis kulit Anda.

Memakai Parfum

Karena produk makeup yang mengandung parfum bisa menyebabkan jerawat, jadi begitu pula dengan parfum yang kuat. Hindari menyemprotkan parfum di sekitar wajah atau bahkan leher Anda. Tempat terbaik untuk menyemprotkannya adalah pergelangan tangan. 

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section