1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Diet Mono, Turunkan Berat Badan 3 Kg dalam 3 Hari

Selain membuat tubuh langsing, diet mono juga baik untuk mendetoksifikasi sistem pencernaan.

By Azalia Amadea 9 Mei 2016 14:04
Ilustrasi menjalankan diet (Foto: sundaykiss.com)

Money.id - Diet banyak dilakukan wanita maupun pria untuk mendapatkan tubuh langsing dan proporsional. Beragam jenis diet juga tengah populer di kalangan masyarakat. Salah satunya Diet Mono atau monotrophic meals yang berarti hanya memakan satu jenis makanan dalam sehari.

Dilansir dari laman boldsky.com Senin 9 Mei 2016, diet mono juga baik untuk mendetoksifikasi sistem pencernaan. Diet ini umumnya dilakukan dalam kurun waktu satu bulan saja, jika terlalu lama akan berakibat buruk bagi tubuh.

Melakukan diet mono lebih dari satu bulan dapat membuat tubuh kekurangan nutrisi dan vitamin. Cara melakukan diet mono sangat senderhana misalnya hari pertama Anda memakan pisang untuk menu sarapan, makan siang, camilan sore dan makan malam.

Anda dilarang memakan jenis makanan lainnya hanya boleh satu jenis saja. Disarankan untuk memakan makanan yang memiliki sumber karbohidrat dan nutrisi alami seperti buah dan sayur. Selain itu, coba simak tips menjalankan diet mono berikut ini:

1. Rencanakan diet mono pada akhir pekan
Bagi Anda pemula yang belum terbiasa dengan diet jenis ini, cobalah menjalankan diet ini pada 2-3 hari di akhir pekan. Waktu akhir pekan dipilih karena saat Anda sedang terbebas dari berbagai kegiatan, agar tubuh tidak kaget saat menjalankan diet ini.

2. Apel
Salah satu menu makanan diet mono yang sangat dianjurkan adalah buah apel. Makanlah buah apel di pagi hari saat sarapan, lanjutkan di sore hari dan malam hari saat makan malam. Jika Anda bosan memakan apel begitu saja, Anda dapat membuat jus apel. Apel baik sebagai sumber gula alami yang dapat menambah tenaga.

3. Minum air putih
Di saat jeda antara jam makan utama Anda, dianjurkan untuk tetap meminum air putih agar tubuh tidak terdehidrasi. Namun, tetap pastikan tidak ada jenis makanan lainnya yang Anda konsumsi selama menjalani diet tersebut.

4. Pisang
Buah kuning kaya akan karbohidrat ini juga menjadi salah satu menu untuk diet mono. Namun, jangan memakan pisang lebih dari 12-17 pisang sehari. Pastikan juga Anda cukup beristirahat.

5. Sakit kepala
Dalam melakukan diet mono pastilah tubuh akan memperlihatkan reaksinya seperti sakit kepala. Umumnya sakit kepala memang timbul saat tubuh kekurangan asupan. Jika Anda merasakan pusing yang berlebihan hentikan diet mono dan kembali menjalankan diet normal Anda. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section