1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Diagnosa Stroke Lebih Awal dengan Tekhnologi Ini

Gejala awal dari terserangnya penyakit stroke adalah seringnya merasakan sakit kepala.

By Azalia Amadea 18 Desember 2015 18:35
Ilustrasi sakit kepala penyebab stroke (Foto: huffingtonpost.com)

Money.id - Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan pada tahun 2010, setiap tahunnya terdapat 15 juta orang di dunia menderita stroke dan 5 juta di antaranya meninggal akibat stroke.

Sementara Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan 2014, menyatakan bahwa 41.590 kematian di Indonesia disebabkan oleh dua penyakit mematikan.

Penyakit stroke menempati peringkat pertama sebagai penyakit mematikan, dan jantung di peringkat kedua.

Stroke merupakan serangan otak yang timbulnya mendadak akibat tersumbat atau pecahnya pembuluh darah di otak.

Dengan kata lain, penyakit stroke ini merupakan penyakit pembuluh darah otak yang ditandai dengan adanya kematian pada jaringan otak yang disebabkan oleh penyumbatan, penyempitan atau pecahnya pembuluh darah.

Latar belakang orang dapat terserah penyakit stroke sangat berkaitan dengan pola gaya hidup seseorang serta pola makan yang tidak sehat.

Juga diakibatkan oleh kebiasaan merokok, mengonsumsi minuman bersoda dan beralkohol, serta gemar mengonsumsi makanan cepat saji.

Meskipun digolongkan sebagai penyakit mematikan, stroke saat ini dapat didiagnosa lebih awal melalui DSA diagnosis. Tes itu untuk melihat kelainan pada pembuluh darah di otak.

DSA (Digital Substraction Angiography) merupakan alat diagnosik yang berfungsi melihat kelainan pada pembuluh darah di otak seperti penyempitan, sumbatan, Aneurisma, dan AVM pada arteri dan vena.

"DSA otak merupakan pemeriksaan dengan golden standard. Prosesnya dengan pemasangan alat angiografi dan kateterisasi yang dapat melihat aliran pembuluh darah arteri sampai ke jaringan lalu ke vena," kata dokter spesialis radiologi intervensi RS Bethsaida Serpong, Jacub Pandelaki, yang ditemui Money.id dalam acara seminar kesehatan di Serpong, Kamis 17 Desember 2015.

Penyakit stroke dapat membuat seseorang lumpuh, baik pada tangan, kaki, wajah, dan anggota tubuh lainnya.

Gejala awal dari penyakit ini adalah seringnya merasakan sakit kepala, jika sudah sering merasakan sakit kepala selama tiga bulan terakhir sebaiknya langsung lakukan pengecekan ke dokter.

"Alat angiografi dalam pemeriksaan DSA menggunakan sinar x secara terus menerus untuk memantau pembuluh darah yang diperiksa setelah disuntikkan cairan kontras, sehingga pembuluh darah akan terlihat jelas. Pemeriksaan ini dilakukan pada hampir seluruh pembuluh darah di dalam tubuh," kata Jacub.

Tujuan utama dari dilakukannya pemeriksaan dengan DSA adalah untuk mendeteksi masalah pada pembuluh darah, terutama di otak yang menjadi penyebab utama terjadinya stroke. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section