1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Berlatih Pilates, Tubuh Proporsional dan Bebas Osteoporosis

Pilates mengatur otot dan sendi tubuh agar bekerja sesuai porsinya.

By Azalia Amadea 27 Januari 2016 11:10
Pilates@Kemang, Jakarta (Azalia Amadea/Money.id)

Money.id - Pilates merupakan salah satu jenis olahraga yang bermanfaat untuk menyeimbangkan tubuh dan pikiran. Otot-otot dalam tubuh dilatih agar mampu bekerja sesuai porsinya sehingga tubuh menjadi proporsional. Tak hanya itu Pilates juga berfungsi mengatur pernafasan agar stabil.

Pilates mulai tenar sejak tahun 2010. Kini studio pilates banyak berdiri di Ibu Kota.

Pilates sangat berguna bagi mereka yang produktif. Pilates dapat membantu tubuh terhindar dari berbagai penyakit seperti Osteoporosis, Radang Sendi, Pengapuran, hilangnya cairan pelumas pada sendi, dan pembungkukan. Pilates sangat baik bagi mereka yang merasa memiliki keluhan pada sendi.

Studio Pilates, Kemang, Jakarta/Azalia Amadea Money.id

Salah satu tempat yang menyediakan tempat olah tubuh Pilates adalah Pilates@Kemang. Studio satu lantai ini dibuka sejak Juni 2013, dengan target market kelas atas.

Dikatakan seperti itu karena biaya untuk ikut kelas Pilates di sini cukup mahal yaitu untuk satu kali kunjungan harus mengeluarkan Rp450 ribu.

Namun jika Anda tertarik, Pilates@Kemang menyediakan paket-paket khusus yaitu Rp2,1 juta per lima kali kunjungan, Rp3,9 juta per 10 kali kunjungan, dan Rp11,2 juta untuk 30 kali kunjungan.

Nantinya setiap member yang sudah mendaftarkan diri akan dilatih secara privat dengan instruktur Pilates yang tentunya sudah memiliki sertifikat pelatihan.

"Sebagai seorang instruktur Pilates dibutuhkan pelatihan khusus, karena untuk melakukan gerakan-gerakan Pilates membutuhkan ketepatan agar sendi-sendi dapat bekerja dengan baik," kata Kiko (52) instruktur Pilates yang ditemui Money.id di Jakarta, Rabu 27 Januari 2016.

Saat ini Pilates@Kemang telah memiliki member aktif sebanyak 70 orang. Para member akan melakukan pelatihan Pilates selama 1 jam. Idealnya orang melakukan Pilates adalah 2-3 kali seminggu. 

Bisnis studio Pilates ini dimiliki oleh tiga orang pemilik yang salah satunya dari mereka merupakan instruktur olahraga.

Olahraga ini juga memerlukan alat-alat khusus yang harganya cukup mahal. Namun biaya-biaya itu dapat ditutup dengan omzet per bulan dari Pilates@Kemang yang mencapai Rp200 juta.

Untuk mendaftarkan diri di Pilates@Kemang Anda dianjurkan melakukan konsultasi terlebih dahulu, untuk mengetahui tujuan dan mengetahui kondisi tubuh.

Bagi mereka yang memiliki penyakit khusus maka tahapan pelatihan Pilates tentunya tidak sama dengan mereka yang bertubuh normal.

"Strategi promosi yang kita pakai tidak terlalu khusus, hanya saja kami memberikan free trial 1 kali bagi mereka yang mungkin masih awam terhadap Pilates. Sisanya kami melakukan promosi dari mulut ke mulut saja," kata Gilang Derana Putra, marketing Pilates@Kemang.

Bagi para pemula mereka akan diajarkan gerakan dasar seperti mengatur nafas, mengatur posisi duduk dan berdiri yang benar. 

Pilates juga berfungsi sebagai rehabilitasi bagi mereka yang memiliki penyakit khusus pasca penyembuhan atau operasi. Studio ini buka setiap hari dari pukul 07.00-19.00 WIB.

Keramahan para instruktur Pilates di Pilates@Kemang juga menjadi salah satu penarik minat para member. Konsep studio yang sederhana membuat para member dapat berlatih dengan nyaman dan optimal. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section