1. HOME
  2. FRESH
TIPS KECANTIKAN

Berencana Renang Libur Panjang Ini? Ini Tips Melindungi Rambut Anda

Karena terik matahari, klorin dalam kolam renang, atau air garam laut bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan dan keindahan rambut Anda.

By Dian Rosalina 10 September 2016 12:31
Ilustrasi Rambut (Instagram)

Money.id - Bila Anda menghabiskan waktu libur panjang ini untuk pergi ke pantai dan berenang, Anda harus hati-hati. Karena terik matahari, klorin dalam kolam renang, atau air garam laut bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan dan keindahan rambut Anda.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Dilansir dari Foxnews, Sabtu 9 September 2016, penata rambut asal New York City, Nathan Rosenkranz, menjelaskan tentang masalah yang dihadapi rambut saat musim panas, dan bagaimana cara untuk memperbaikinya. Berikut ulasannya.

Mengunci Kelembaban Rambut

Sinar matahari, air garam, dan keringat dapat menghilangkan kelembaban pada helai rambut sehingga membuat rambut kering dan rentan terhadap kerusakan. Untuk menghindari hal ini, mulailah dengan mengenakan topi lebar untuk menjauhkan rambut Anda dari sinar matahari.

Itu akan membantu melindungi rambut dari kekeringan dan menjaga warna. Selain itu tingkatkan perlindungan dengan menggunakan produk yang melembabkan dan melindungi rambut dari sinar UV.

Basahi Rambut dan Gunakan Kondisioner Tanpa Bilas

"Di musim panas rambut sering terpapar bahan kimia di kolam renang (klorin), air garam, dan menghabiskan lebih banyak waktu di bawah sinar matahari. Semuanya ini akan mengurangi keindahan warna rambut Anda," kata Rosenkranz.

Sebelum pergi berenang, di kolam atau di laut. Rosenkranz menyarankan untuk membasahi rambut dan menggunakan kondisioner tanpa bilas. "Rambut Anda akan menyerap kondisioner bukan klorin atau air garam," katanya.

Melawan Rambut Keriting dan Berkurangnya Volume Rambut

Jika sering terkena air garam, klorin, atau sinar matahari, hal pertama yang harus Anda beli adalah minyak rambut yang mengandung polimer yang membuat tetap ikal, elastis, lembut dan tebal.

Kedua, cobalah untuk mencari referensi rambut apa yang sesuai dengan tema musim panas. Misalnya mengikat rambut di belakang kepala, atau mengepang rambut dan menahannya di belakang kepala dengan jepit rambut.

Menggunakan Shampoo dan Kondisioner Anti-UV

Gunakanlah shampoo dan kondisioner yang mengandung perlindungan terhadap sinar UV sebelum beraktivitas di luar. Semakin berkeringat tubuh Anda, semakin membuat random berminyak.

"Ketika udara panas, kulit kepala ikut berkeringat dan secara alami mengalirkan lebih banyak  sebum ke seluruh rambut. Ini akan membuat rambut semakin terlihat berminyak," kata Rosenkranz.

Merehabilitasi Rambut Usai Liburan Musim Panas

Jika Anda tidak melindungi rambut dari sinar matahari, air garam atau klorin saat liburan musim panas, Anda dapat memperbaikinya setelah cuaca mulai dingin. "Pertama, carilah salon yang menawarkan perawatan rambut yang bagus," kata Rosenkranz. (dwq)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section