1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Rambut Kuat dan Berkilau dengan Baking Soda

Baking soda dapat menjadi sampo alami yang berfungsi membersihkan rambut dan kulit kepala. Membuat rambut berkilau dan tidak rontok

By Putri Nabilla 12 Desember 2015 15:31
Baking Soda (Huffingtonpost )

Money.id - Rambut merupakan mahkota wanita dan menjadi bagian terpenting dalam berpenampilan. Namun demi menjaga kesehatannya, tak sedikit wanita yang punya waktu untuk melakukan perawatan. Kini Anda dapat memanfaatkan baking soda.

Umumnya baking soda digunakan dalam pembuatan kue, tapi kini dapat dimanfaatkan sebagai solusi perawatan rambut sederhana dan murah meriah. Dikutip laman Boldsky, Sabtu 12 Desember 2015, baking soda ternyata dapat rambut Anda berkilau dan kuat, serta membersihkan kotoran yang menempel di kulit kepala. 

Bahkan baking soda juga bisa mencegah rambut rontok akibat kulit kepala yang berminyak. Dengan kata lain, baking soda dapat menjadi sampo alami yang dapat meningkatkan kualitas rambut, membunuh infeksi kulit kepala tertentu yang dapat menyebabkan gatal-gatal, ketombe dan rambut rontok.

Dalam penggunaannya mungkin Anda sedikit merasa aneh dengan tak adanya busa, namun tak perlu khawatir karena baking soda tetap bekerja dan memberikan hasil terbaik. Bagaimana caranya?

Rambut Normal
Untuk rambut normal Anda dapat mencampurkan masing-masing satu sendok makan baking soda dan cuka sari apel, lalu tiga sendok makan air. Aduk hingga rata.

Bila merasa masih terlalu kental dengan adonan samponya, Anda bisa tambahkan sedikit air. Lalu oleskan pada kulit kepala Anda dengan ujung jari kemudian teteskan sedikit air. Pijat kulit kepala dan rambut Anda secara lembut selama 5 menit. Kemudian cuci dengan air dingin.

Rambut Kering
Cara pembuatan adonannya sama halnya dengan rambut normal. Bagi si pemilik rambut kering dan keriting, Anda bisa tambahkan campuran baking soda dengan minyak esensial seperti lavender, pepermint atau minyak rosemary, dan lemonyang bagus untuk rambut kering.

Anda hanya menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam adonan sampo. Minyak ini berfungsi melembutkan dan melembabkan rambut Anda yang kering dan memberikan aroma yang wangi.

Rambut Berminyak
Bila Anda tak memiliki waktu keramas atau sekadar mencuci rambut, tetapi rambut Anda berminyak, ada trik sederhana yang bisa Anda lakukan.

Campuran bedak bayi dan baking soda pada rambut Anda. Lakukanlah dengan memercikkannya sedikit demi sedikit bedak bayi yang dicampur dengan baking soda lalu sisir rambut untuk menyamarkan campuran bedak dan baking soda tersebut. Ini akan membantu menyerap kelebihan minyak pada rambut Anda, sehingga membuatnya terlihat mengkilap dan wangi.

Mudah kan? Selamat mencoba ya!

(pn/pn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section