1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

Awas Flu Menyerang saat Pancaroba, Cegah dengan Makanan Ini

Bila Anda sering terkena penyakit tersebut setiap pergantian musim, bisa jadi itu karena tubuh Anda tidak dalam keadaan fit.

By Dian Rosalina 5 November 2015 15:36
Pixabay

Money.id - Musim pancaroba sudah tiba, flu akan semakin sering menyerang. Flu adalah kondisi di mana tubuh terinfeksi dari virus yang ditularkan oleh orang batuk atau bersin dan lemahnya sistem imun pada tubuh.

Bila Anda sering terkena penyakit tersebut setiap pergantian musim, bisa jadi itu karena tubuh Anda tidak dalam keadaan fit.

Dikutip dari Healthline, Kamis 5 November 2015, flu sangat menular. Kebanyakan orang mengalami flu dalam satu sampai empat hari.

Selain kondisi cuaca Indonesia yang berubah-rubah, flu bisa disebabkan oleh faktor lingkungan yang tidak sehat, seperti polusi udara, dan kurangnya kebersihan tubuh.

Bila Anda sudah menjaga kesehatan tetapi masih terkena flu, mungkin asupan makanan Anda yang kurang sehat menjadi faktor lainnya.

Kurangnya memperhatikan kebersihan tubuh juga menjadi penyebab. Tahukah Anda, tanpa sadar seseorang yang terjangkit virus flu dapat menyebarkannya sejauh enam kaki.

Bila ingin terhindar dari flu, kuncinya adalah setelah beraktivitas di luar ruangan, cucilah tangan dengan sabun anti-bakteri, terutama sebelum makan.

Bila itu belum cukup, asupan makanan yang menguatkan imun tubuh bisa mencegah Anda terkena flu. 

 

Dilansir dari Shape, berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa meningkatkan kekebalan imun Anda pada saat flu.

Nanas

Menurut peneltiian baru dari Philippine Women's University School Of Nutrition, para peneliti menemukan bahwa makan setengah cangkir nanas setiap hari selama dua bulan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Itu karena nanas memiliki khasiat untuk meningkatkan produksi granulosit (sel darah putih) dalam tubuh yang menjadi barisan pertama pertahanan tubuh terhadap bakteri dan virus flu.

Salmon

Ikan yang mengandung omega-3, protein, kalsium, dan vitamin E ini, selain enak juga meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Lisa Moskovitz, pendiri New York Nutrition mengatakan, "Saya merekomendasikan mengganti ayam, dengan salmon panggang untuk dimakan dua sampai tiga kali seminggu selama Anda flu."

Yogurt

Selain memiliki banyak manfaat untuk pencernaan, yogurt juga berkhasiat untuk membentengi diri terhadap flu.

Sebuah analisis kecil diterbitkan oleh Journal of Family Medicine menemukan bahwa probiotik di dalam yogurt bekerja membantu mencegah suhu tubuh mendingin dan gejala flu.

Cabe Rawit

Bila Anda mulai merasa suhu tubuh meninggi, cobalah mengonsumsi cabe rawit karena mengandung capsaicin yang berkhasiat untuk mencegah iritasi dan bersifat analgesik.

Zat tersebut juga digunakan bagi para penderita sinusitis. Ucapkan selamat tinggal pada pilek!

Tiram

Makanan laut ini tidak hanya berkhasiat untuk meredakan rasa sakit saat Anda menstruasi. Selama musim flu, tiram dapat membantu Anda meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan karena memiliki zat seng yang tinggi.

Penelitian menunjukkan bahwa ketika dikonsumsi saat pilek, zinc yang ada dalam tiram dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat flu.

Bayam

Tidak hanya tiram, sayuran hijau seperti bayam juga mengandung zat seng. Ditambah dengan banyak kandungan vitamin A, bayam terbukti meningkatkan kekebalan tubuh.

Dalam penelitian yang dilakukan Journal Nature, mengonsumsi vitamin A saat hamil bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi untuk hidupnya. 

Wortel

Khasiat wortel untuk kesehatan mata memang sudah tidak diragukan lagi. Sayur berwarna oranye ini mengandung beta-karoten tinggi yang berguna melawan infeksi dan mengatur sistem imun tubuh.

"Vitamin A baik untuk kesehatan mulut, lambung, sistem saluran pernapasan, dan usus," kata Lisa Moskovitz, pendiri New York Nutrition. Sajikan wortel di atas piring Anda dua kali lebih banyak dari biasanya selama seminggu untuk meredakan pilek.

Telur

Selain sebagai sumber protein untuk jantung sehat, ternyata telur dapat membentengi tubuh terhadap virus flu yang menyerang.

"Telur adalah makanan yang baik untuk mengawali hari Anda dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh," kata Moskovitz. Ia merekomendasikan untuk memakan telur tiga sampai empat kali seminggu.

Selai Kacang

Bersyukurlah bila selai kacang adalah salah satu makanan favorit Anda. Mengandung vitamin E dan antioksidan, selai kacang dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Dalam keadaan flu, Anda disarankan untuk mengonsumsi selai tersebut setiap hari, selain nikmat ia juga dapat menambah energi Anda yang lemah karena sakit.

Kembang kol

Sayuran berbentuk bunga ini sangat tinggi dengan zat glutathione. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa tersebut dapat melindungi seseorang yang terkena flu dengan meningkatkan kekebalan tubuh. Ia bekerja dalam tubuh dengan menyingkirkan virus-virus dan membuangnya.

Teh lemon

Meminum teh yang hangat mungkin salah satu cara untuk membuah tubuh Anda merasa lebih baik. Apalagi jika terkena flu yang disertai mual, Anda pasti mencari sesuatu yang beraroma.

Cobalah mengiris beberapa lembar lemon dan masukkan ke dalam teh. Menurut sebuah penelitian dari Nutrition Research and Practice, campuran lemon dan teh akan membentuk senyawa quercetin yang meningkatkan imun tubuh.

Sup Ayam

Tidak perlu ragu untuk mencicipi makanan ini saat Anda flu. Sup ayam adalah obat yang paling manjur ketika Anda merasa tubuh tidak sehat.

Peneliti Jerman menemukan bahwa sup ayam memiliki senyawa yang disebut carnosine yang membantu untuk melawan infeksi, meredakan gejala pernapasan, dan mengembalikan kekebalan tubuh. (poy)

(im/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section