1. HOME
  2. FRESH
FRESH

5 Kebiasaan Mudah yang Membantu Anda Tidur Nyenyak

5 kebiasaan ini dapat membantu Anda mengatasi kesulitan tidur.

By Azalia Amadea 14 Februari 2016 15:03
Ilustrasi tidur nyenyak (Foto: popsugar.com.au)

Money.id - Menurut penelitian, manusia dewasa menghabiskan sekitar 7 sampai 8 jam untuk tidur setiap malam dan saat masih kecil, manusia tidur 10 sampai 12 jam. Jumlah tersebut jika ditotal menjadi sekitar 200 ribu jam di 60 tahun pertama kehidupan manusia.

Tidak cukup tidur hanya akan merugikan otak dan kesehatan fisik manusia. Tetapi bagaimana kita bisa meningkatkan peluang agar mendapatkan istirahat malam yang baik?

Melansir dalam laman businessinsider.com Minggu 14 Februari 2016, simak 5 kebiasaan sederhana yang bisa membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.

1. Tenangkan pikiran
Untuk bisa langsung tertidur bisa menjadi masalah rumit, terutama ketika kepala dipenuhi banyak pikiran.

Alih-alih tertidur, kita malah merenungkan kejadian seharian tadi dan peristiwa masa lalu. Pikiran negatif cenderung melampaui yang positif dan menimbulkan rasa khawatir dan cemas.

Strateginya adalah menutup rapat pikiran dengan melakukan meditasi, berdoa, mendengarkan musik, atau berusaha merasa damai dan bersyukur.

Atau jika Anda orang yang punya prinsip segala sesuatu yang lain bisa menunggu sampai pagi hari, juga akan membantu.

2. Mengurangi jam tidur buruk dan kebiasaan tidur sebelum waktunya
Stimulan seperti minuman berkafein dapat menunda dan mengganggu tidur. Mengkonsumsi kafein seharian (dua sampai tiga cangkir) menyebabkan menumpuknya kafein secara bertahap dalam tubuh. Tetapi efek mudah atau sulit tidur tergantung pada apakah orang tersebut terbiasa minum kopi.

Agar kafein tidak mengganggu tidur Anda, tahan diri dari minum kopi selama setidaknya enam jam sebelum tidur. Konsumsi makanan yang dapat memudahkan Anda tertidur.

Mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung zat triptofan tinggi seperti ceri, jus ceri, biji labu, susu dan yoghurt (dikonsumsi setiap saat setiap hari) atau makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi seperti beras short-grain (tiga sampai empat jam sebelum tidur) bisa membantu Anda tidur.

3. Jaga lingkungan
Beberapa orang tidak memiliki masalah untuk tertidur, tetapi yang lain mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari.

Ruangan terlalu panas atau terlalu dingin, banyak suara dan cahaya dapat mengganggu tidur Anda. Pastikan kamar tidur Anda tenang, gelap dan sejuk (sekitar 20-22 derajat celcius adalah suhu optimal).

Usahakan juga untuk buang air kecil atau besar jika perlu agar perjalanan tidur Anda tidak terganggu.

Salah satu caranya adalah berhenti minum cairan dua jam sebelum tidur. Dibutuhkan sekitar 60 sampai 90 menit agar cairan dalam tubuh bergerak melalui tubuh dan berubah menjadi urin.

Karena alkohol adalah diuretik dan mengganggu pola tidur, hindari meminumnya saat dekat atau di waktu tidur.

4. Menjaga rutinitas
Tidur dan waktu bangun tidur yang terstruktur akan membantu membangun pola tidur-bangun yang sehat.

Kantuk akan secara otomatis turun saat waktu tidur tiba. Anda juga akan bangun lebih mudah dan bahkan mungkin tidak perlu jam alarm.

5. Hilangkan semua kecemasan dan kekhawatiran
Merasa cemas karena tidak dapat tidur yang cukup dapat menambah masalah tidur. Jadi mengkhawatirkan dampak tidak bisa tidur bisa merusak fungsi sehari-hari seperti berpikir, memori, emosi dan kinerja.

Ini bisa menjadi sulit untuk mengubah pola berpikir. Jika sulit tidur, Anda dapat mencari bantuan psikolog klinis.

Mereka dapat membantu Anda untuk membuat perubahan emosi dan perilaku yang diperlukan untuk menghadirkan tidur yang sehat. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section