1. HOME
  2. FRESH
FRESH

5 Hobi Ini Bisa Buat Anda Lebih Pintar

Ternyata baca ensiklopedia saja belum cukup, simak aktivitas lainnya yang bisa buat Anda lebih cerdas.

By Dian Ardiahanni 8 November 2015 09:22
Ilustrasi kutu buku (Pixabay)

Money.id - Membaca ensiklopedia dan masuk kelas saat kuliah mungkin membuat Anda lebih pintar. Tapi sayangnya, tidak semua orang mendambakan hal itu.

Untungnya PROEssayWrtier.net mengungkapkan bahwa ada hobi lebih menarik yang mampu memperluas kemampuan kognitif. Dilansir dari Businessinsider, Sabtu 7 November 2015, berikut adalah lima hobi yang bisa membuat Anda lebih pintar.

1. Rutin berolahraga

Olahraga mampu meningkatkan kemampuan memori untuk mengenali dan membedakan obyek serupa yang pernah dilihat sebelumnya. Kunci dalam latihan bukan tentang jenis olahraganya, melainkan apa kegiatan yang paling diminati.

2. Bermain alat musik

Studi Boston Children's Hospital tahun 2014 lalu mengungkapkan, anak yang bisa memainkan alat musik memiliki kefasihan lisan lebih baik. Bermain alat musik pun bisa meningkatkan keterampilan kognitif dan prestasi akademik anak.

3. Bermain video game

Bermain video game sering kali dicap buruk, namun ternyata ini bisa melatih otak. Berdasar penelitian Leiden University tahun 2012, bermain video game bisa mengembangkan sistem kerja memori serta melatih otak untuk memproses informasi baru dan lama.

4. Belajar bahasa

Mempelajari bahasa negara lain tidak hanya berguna saat berpergian, tapi juga untuk memperlambat penuaan otak. Berbicara beberapa bahasa pun dapat melatih mental lebih baik.

5. Membaca

Menurut studi Emory University di tahun 2013, proses konektivitas otak itu terjadi selama sedang membaca. Membaca setiap hari bisa meningkatkan konektivitas otak bagian korteks temporal sebelah kiri. (dwq)

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section