1. HOME
  2. FRESH
FILM

5 Film yang Sukses Mengangkat Nama Sumatera Barat

Ranah Minang dikenal dengan karya sastranya.

By Dwifantya Aquina 16 November 2016 15:12
Film Merantau (Youtube)

Money.id - Selain kaya akan keindahan alam, Sumatera Barat juga banyak menyimpan cerita. Mulai dari cerita rakyat yang diceritakan dari mulut ke mulut dan dari generasi ke generasi, hingga cerita roman dan fiksi karya para sastrawan kelahiran Ranah Minang.

Beberapa cerita bahkan pernah diangkat menjadi film, FTV, mini seri maupun sinetron. Berikut 5 cerita dari Sumatera Barat yang diangkat ke layar lebar.

1. Malin Kundang

Film Malin Kundang (Anak Durhaka) digarap pada tahun 1971, disutradarai oleh D. Djajakusuma dan skenarionya ditulis oleh sastrawan Ranah Minang, Asrul Sani.

Film ini dibintangi oleh Rano Karno, Putu Wijaya, dan Fifi Young. Namun sayang film yang diangkat dari cerita rakyat Malin Kundang ini gagal mendapat perhatian publik waktu itu.

Selain diangkat menjadi film, kisah Malin Kundang juga pernah diangkat menjadi kisah sinetron yang ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta. Namun setting peristiwanya merupakan tahun 2000-an. Sinetron yang dibintangi oleh Desy Ratnasari dan Fahri Albar ini bahkan juga ditayangkan di negara tetangga seperti Malaysia.

2. Sengsara Membawa Nikmat

Film Sengsara Membawa Nikmat diangkat dari kisah dalam novel dengan judul... selanjutnya klik di sini.

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section