1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Tetap Sehat Meski Bekerja Lama di Belakang Meja

Lakukan 5 cara berikut untuk mengatasi kebiasaan terlalu lama bekerja di belakang meja agar tidak mengganggu kesehatan.

By Azalia Amadea 14 Februari 2016 16:02
Ilustrasi bekerja di belakang meja (Foto: tifaq.com)

Money.id - Di zaman yang semakin modern ini, sebagian besar orang lebih memilih pekerjaan di belakang meja daripada jenis pekerjaan lapangan.

Alasannya, pekerjaan di belakang meja tidak terlalu banyak menuntut stamina fisik atau risiko seperti bekerja di lapangan.

Namun tahukah Anda, bahwa hal tersebut rupanya juga menyimpan beberapa hal yang mungkin merugikan kesehatan.

Carina Sohaili, seorang ahli gizi integratif dan pendiri Vibrant Healthy Life berbasis di Beverly Hills, California, Amerika Serikat membagikan lima tips untuk membantu para pekerja di kantor yang sering bekerja di belakang meja agar tubuhnya tetap sehat. 
Berikut tipsnya seperti dikutip dari huffingtonpost, Minggu 14 Febriari 2016.

1. Fokus pada makanan ringan yang sehat
Sediakan makanan ringan sehat di laci meja Anda setiap kali muncul keinginan makan camilan.

Biji labu adalah pilihan yang cocok, karena mengandung zinc, magnesium, lemak dan protein yang sehat.

Zinc untuk memerangi flu, magnesium memiliki efek menenangkan pada tubuh, dapat membantu menurunkan kadar kortisol dan membantu mengurangi stres.

Lemak sehat ditemukan dalam biji labu yang akan memberi Anda energi serta meningkatkan tingkat kepuasan setelah makan Anda.

2. Jaga kadar gula dan makan siang yang seimbang
Alih-alih menahan lapar agar bisa menyelesaikan pekerjaan atau waktu habis di jalan karena ingin pulang untuk melahap pizza, sebaiknya buat jadwal makan siang yang teratur.

Bila Anda melewatkan makan siang atau makan terlalu cepat, secara otomatis tubuh akan stres. Selain itu, Anda akan mulai kecanduan makanan cepat saji dengan harapan tubuh tetap berenergi.

3. Selalu bergerak
Berjalan-jalan di sekitar blok kantor, ke ruang istirahat atau berjalan kaki untuk makan siang.

Tinggalkan lift dan berteman baiklah dengan tangga. Ya, Anda akan sibuk, dan jangan pedulikan banyak orang yang tampaknya meragukan bahwa berjalan naik tangga menyehatkan.

Bergeraklah dan usahakan darah Anda mengalir setiap jam. Ini akan meningkatkan produktivitas Anda.

Coba berdiri sambil mengetik, karena banyak penelitian yang menunjukkan bagaimana duduk untuk jangka waktu yang lama akan mementahkan melawan efek dari latihan. Kita adalah makhluk yang terikat kebiasaan.

Duduk nyaman sangat mirip dengan zona nyaman - perkembangan akan jarang terjadi ketika Anda merasa nyaman.

4. Carilah pengganti yang menyehatkan
Sebagai contoh, alih-alih menggunakan pemanis buatan dalam kopi Anda, coba tambahkan kayu manis untuk memberi rasa ekstra.

Kayu manis adalah booster metabolisme alami, dapat membantu mengurangi kecemasan, mengekang keinginan makan junk food dan meningkatkan tingkat kepuasan makan Anda.

Pemanis buatan seperti sucralose, aspartam, sakarin dan sirup jagung fruktosa tinggi tidak hanya akan membuang hormon Anda dan menghancurkan metabolisme Anda, tetapi mereka akan benar-benar memicu keinginan yang lebih intens untuk permen dan junk food. Anda dapat menemukan lebih banyak contoh pengganti sederhana yang menyehatkan lainnya.

5. Berlatih menahan diri dan mengubah sikap
Kita semua memiliki kebiasaan buruk. Kita semua memiliki dorongan untuk mencari solusi cepat untuk memenuhi kebutuhan mendesak.

Ini adalah sifat manusia. Kenali kebiasaan buruk Anda, mengapa mereka menahan Anda. Gantilah dengan yang positif.

Dari melakukannya pada kopi, memesan makanan setiap hari saat makan siang dan mematikan alarm bukannya bangun tiga puluh menit lebih awal untuk menyegarkan pikiran dan badan. 

Menjaga kesehatan Anda adalah alat terbaik untuk sukses di tempat kerja. Semakin Anda berlatih kebiasaan yang sehat, semakin mudah kesuksesan diraih. (poy)

 

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section