1. HOME
  2. FRESH
FRESH

4 Langkah Jitu Bangun Kebiasaan dan Capai Tujuan Baru

4 langkah berikut dapat membantu Anda membangun kebiasaan baru dalam mencapai tujuan di tahun yang baru.

By Azalia Amadea 15 Februari 2016 08:30
Ilustrasi kesuksesan (Foto: stewardship.com)

Money.id - Di setiap menjelang malam Tahun Baru, banyak orang yang selalu membuat resolusi. Berbicara masalah resolusi, 45 persen warga Amerika Serikat membuat resolusi setiap menjelang Tahun Baru. Namun hanya 8 persen dari mereka yang mampu mewujudkan resolusinya.

Resolusi atau bahasa mudahnya 'janji', tidak akan pernah terpenuhi kecuali jika Anda memiliki kemauan sekuat baja untuk menjalani kebiasaan yang sehat dan membangun.

Hal ini akan menjaga Anda tetap dalam jalur yang benar untuk mencapai tujuan atau keinginan yang Anda ucapkan saat malam Tahun Baru.

Dalam buku terlarisnya, The Power of Habit, Charles Duhigg menulis tentang kebiasaan yang berulang.

Perulangan ini adalah proses tiga langkah yang diawali dengan isyarat atau pemicu yang memberitahu otak untuk masuk ke mode otomatis dan memilih kebiasaan mana yang perlu dilakukan. Kebiasaan tersebut bisa secara fisik, mental atau emosional.

Melansir dalam laman business2community.com Senin 15 Februari 2016, berikut ada empat langkah yang akan membuat Anda tetap teguh dalam membentuk kebiasaan baru dan melangkah maju meraih tujuan di tahun 2016.

1. Menjadikan kebiasaan baru sebagai prioritas
Jika serius dalam menciptakan kebiasaan baru, Anda harus memaksa diri untuk masuk ke kebiasaan itu.

Ini bukan bagian termudah dari perulangan tersebut tetapi itu perlu. Kebiasaan baru mungkin bukan hal pertama yang Anda lakukan di pagi hari.

Tetapi Anda masih dapat menulis catatan untuk diri sendiri dan meletakkannya di samping tempat tidur sehingga menjadi hal pertama yang Anda lihat ketika bangun. Menurut penelitian, butuh waktu sampai 66 hari agar hafal dengan kebiasaan baru.

2. Jangan bekerja sendirian
Cobalah mencari mitra kerja yang akuntabel. Begitu memasuki hari 34 dari 66 hari membangun kebiasaan baru, Anda mulai butuh seseorang untuk bersandar, yang bisa menampung segala keluhan atau kesulitan dengan lebih baik.

Cari tahu apakah teman, keluarga dan rekan kerja, ada yang berencana membuat resolusi yang sama.

Jika mereka dianggap layak menjadi mitra dalam membentuk kebiasaan baru ini, buatlah rencana bagaimana kalian bisa saling bertanggung jawab. Mungkin kalian bisa saling mengingatkan lewat telepon atau pesan teks.

3. Tuliskan semua kebiasaan baru
Jangan buang begitu saja proses membentuk kebiasaan baru. Cobalah untuk menyimpannya dalam bentuk catatan.

Tidak perlu panjang lebar, cukup poin-poin penting dari proses menyiapkan tujuan dan membangun kebiasaan sepanjang hari itu.

Buatlah ringkas dengan cukup menggunakan pena dan kertas. Setelah itu lakukan review tentang proses tersebut, mungkin ada hal-hal yang perlu diperbaiki.

4. Manfaatkan teknologi
Teknologi di luar sana bisa membantu Anda menciptakan kebiasaan baru dan mencapai tujuan.

Aplikasi berbasis iOS Productive bisa menjadi andalan Anda melacak setiap proses membentuk kebiasaan baru.

Productive memiliki semua fitur yang Anda butuhkan untuk membangun rutinitas yang positif, kebiasaan yang bisa mengubah hidup.

Aplikasi ini akan membuat pengingat untuk Anda tentang segala kebiasaan yang sudah Anda masukkan, sehingga Anda tidak akan pernah ketinggalan.

Anda kemudian bisa melihat perkembangan proses tersebut secara menyeluruh melalui fitur grafik dari Productive. (poy)

 

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section