1. HOME
  2. FRESH
FRESH

3 Cara Mudah Usir Sakit Kepala Tanpa Obat

Cobalah untuk memijat perlahan pelipis, leher, punggung, kepala, dan bahu selama 10-15 menit.

By Azalia Amadea 20 Januari 2016 11:01
Ilustrasi sakit kepala (Foto: denisecallaghan.co.uk)

Money.id - Banyak faktor yang menyebabkan sakit kepala, semisal terlalu lama bekerja di depan komputer, belum makan, atau kurang tidur. Cara paling mudah menghilangkan rasa sakit kepala adalah dengan meminum obat.

Namun terkadang minum obat sakit kepala saja tidak cukup. Belum lagi jika sakit kepala menyerang saat sedang bekerja di kantor, obat sakit kepala dapat memberikan efek kantuk yang berlebihan.

Foto: babycentre.co.uk

Dilansir dalam laman health.com Rabu 20 Januari 2016, berikut tiga cara ampuh redakan sakit kepala saat bekerja di kantor tanpa harus meminum obat.

Pijatan

Memijat kepala perlahan dapat membantu meredakan sakit kepala dan memberikan efek relaksasi. Efek relaksasi tersebut dapat membuat pikiran lebih tenang dan perlahan meredakan rasa sakit.

Cobalah untuk memijat perlahan pelipis, leher, punggung, kepala, dan bahu selama 10-15 menit.

Salwa H. Hanna pemilik Headache Clinic of Denver di Amerika Serikat, mengatakan bahwa memijat saat sakit kepala dapat meredakan sementara waktu tetapi kemudian Anda harus melakukannya lagi rutin seminggu sekali.

Peregangan

Peregangan atau stretching dapat melegakan otot-otot yang tegang dan nyeri. Cobalah untuk menggerakkan leher ke depan, ke atas dan ke dua arah bahu. Lalu angkat bahu memutar maju, naik ke atas, dan ke bawah.

Lakukan juga gerakan menjepit kepala dengan cara angkat ke dua tangan lalu satukan telapak tangan seperti menggenggam, lalu tekuk tangan ke belakang lalu perlahan jepit kepala menggunakan kedua sisi siku Anda.

Lakukan beberapa gerakan tersebut setiap dua kali sehari selama 20 menit. Tahan setiap peregangan selama 5 menit, dan rasakan sensasi relaksasi yang ditimbulkan.

Kompres dengan es batu

Siapapun dapat merasakan sakit kepala, dari orang dewasa bahkan sampai anak kecil. Penyebab utamanya pun berbagai macam, begitu juga dengan cara mengatasinya.

Ketika Anda merasakan sakit kepala cara sederhana lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengompres kepala menggunakan es batu.

Bungkuslah es batu dengan plastik atau handuk tipis, kompres bagian pelipis dan leher selama 10 menit.

Es batu dapat membantu meredakan sakit kepala, membantu mengecilkan pembuluh darah, dan meningkatkan sirkulasi darah di kepala. Cara ini juga efektif bagi Anda yang sering merasakan sakit kepala akibat stres atau sinus. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section