1. HOME
    2. FRESH
FRESH

Gejala Serangan Panik Mirip Sakit Jantung

Tahukah Anda bagaimana rasanya terkena serangan panik? Ternyata hal ini berakibat sangat buruk.

By Rizki Astuti 13 Februari 2016 14:46
Serangan Panik (expertbeacon.com)

Money.id - Bagi 40 juta orang dewasa di Amerika Serikat gangguan kecemasan yang paling sering dialami adalah panik. Gejala fisik yang terjadi mulai dari sulit bernapas, menggigil, dan tekanan darah yang melonjak tiba-tiba.

Namun mungkin gejala yang paling dirasakan selama serangan panik adalah aspek emosional. Berikut 10 pengalaman serangan panik yang pernah dirasakan netizen di Facebook yang berhasil dirangkum Huffingtonpost.

1. Tidak Enak Badan
Ketika serangan panik pertama dimulai, penderita mungkin merasakan telapak tangan mereka berkeringat atau kepalanya pusing. Serangan awal ini dapat membuat mereka merasa bingun, karena seperti ada sesuatu yang salah dan terjadi pada tubuh mereka.

2. Berulang
Serangan panik sering merupakan gejala berulang dari penyakit mental, terutama bagi mereka dengan gangguan kecemasan. Namun, jika seseorang telah mengalami episode serangan panik sebelumnya, bukan berarti serangan berikutnya akan lebih mudah ditangani. 

3. Khawatir
Terlalu khawatir secara berlebihan merupakan inti dari kecemasan dan masuk kategori tak rasional. Apapun yang memicu serangan panik, biasanya tidak diketahui secara pasti, karena otak sering tidak tahu bedanya.

4. Mirip Serangan Jantung
Kadang-kadang dada terasa sesak selama serangan panik terjadi. Hal itu pernah dialami Demi Lovato yaitu ketika serangan panik memburuk, dia langsung dilarikan ke ruang gawat darurat karena dia tidak bisa bernapas.

5. Sering Diejek
Orang-orang kadang tidak tahu perbedaan antara rasa takut, kecemasan normal dan juga gangguan kecemasan. Ada stigma besar terkait kondisi kesehatan mental ini. Serangan panik kadang-kadang dapat diperburuk oleh rasa takut akibat stereotip negatif, terutama ketika perasaan itu muncul di tempat umum.

Next: Membuat Penderitanya Stres

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section