1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Kenali Gangguan Tidur dan Penyebabnya

Gangguan tidur dapat menyebabkan orang tidak menikmati waktu beristirahat. Akibatnya tubuhnya lebih cepat letih.

By Dian Rosalina 11 November 2015 15:11
Ilustrasi Tidur (mirror.co.uk)

Money.id - Manusia membutuhkan waktu beristirahat dan tidur sekitar 8 jam sehari. Kebutuhan tidur lebih banyak bagi mereka yang masih kanak-kanak.

Dilansir dari Boldsky, Selasa 10 November 2015, gangguan tidur dapat menyebabkan orang tidak menikmati waktu bersantainya. Akibatnya tubuhnya lebih cepat letih dan saat terbangun di pagi hari tidak segar. Karena mereka akan selalu merasa malam terlalu cepat dan kurang tidur.

Berikut ini adalah gangguan tidur yang sering di alami dan penyebabnya:

Tidur sambil berjalan
Sebagian orang menganggap tidur sambil berjalan adalah sesuatu hal yang konyol atau lucu. Namun sebenarnya dalam kondisi ini dapat mengancam jiwa Anda bila kebiasaan buruk tersebut menempatkan Anda dalam sebuah bahaya.

Orang yang tidur sambil berjalan tidak mampu mengingat hal-hal yang terjadi padanya saat tidur. Gangguan ini biasanya disebabkan oleh konsumsi alkohol yang terlalu berlebihan, kelelahan yang ekstrem, gangguan pikiran, atau memiliki penyakit tertentu.

Kepala seakan mau meledak
Pada kondisi ini, orang terbangun saat ia mendengar suara ledakan, flash cahaya atau perasaan yang membuat kepala mereka akan meledak.

Hal ini terjadi karena beberapa bagian otak dari orang tersebut terus berfungsi hingga mengakibatkan ia tidak benar-benar dalam keadaan tidur.

Night terror
Gangguan ini juga dikenal dengan teror tidur yang menyebabkan orang takut oleh sesuatu hal yang tidak jelas. Beberapa orang yang mengalami ini, akan berteriak kemudian bangun. Kondisi ini bisa berlangsung antara dua hingga 15 menit.

Memang tidak berbahaya mungkin sangat tidak nyaman untuk orang-orang yang memiliki ketakutan tertentu. Alasan utama gangguan ini adalah tingkat stres yang tinggi, kelelahan, kandung kemih yang penuh, migrain, atau cedera kepala.

Tidur sambil menyetir
Sebagian besar orang yang menyetir kendaraan bermotor pasti mengalami gejala ini. Ya, tidur sambil menyetir. Ini sangat berbahaya mengingat Anda sedang dalam keadaan mengendarai kendaraan di jalan raya. Sebaiknya bila Anda lelah dalam perjalanan menepi hingga rasa kantuk hilang dan Anda bisa melanjutkan perjalanan dalam keadaan sadar.

Mendengkur
Setiap orang memiliki pengalaman mendengar dengkuran keras seseorang atau Anda sendiri yang suka mendengkur. Ada beberapa penjelasan yang menyebabkan Anda dalam kondisi seperti ini. Seperti tekanan darah yang tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

Tapi alasan utamanya adalah obesitas, sedang melakukan pengobatan tertentu, atau penggunakan bantal yang terlalu lembut. (ita)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section