1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ketindihan? Tak Usah Takut, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Waktu tidur yang kurang dapat mengundang banyak penyakit, seperti penyakit jantung, depresi, obesitas, penyakit mental, gelisah.

By Dian Rosalina 11 November 2015 11:09

Money.id - Setiap orang memerlukan tidur yang cukup dan nyenyak untuk tetap sehat. Banyak penyakit serius sering dikaitkan dengan tidur yang tidak teratur atau insomnia.

Telah terbukti secara medis bahwa tidur adalah sebuah kebutuhan untuk menjaga kesehatan.

Waktu tidur yang kurang dapat mengundang banyak penyakit, seperti penyakit jantung, depresi, obesitas, penyakit mental, gelisah, mudah tersinggung, dan merasa lebih lelah dan letih. Setidaknya Anda harus tidur selama delapan jam setiap harinya untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dan itu juga penting bagi kecantikan kulit Anda.

Dikutip dari Boldsky, Selasa 10 November 2015, beberapa orang yang memiliki gangguan tidur mengalami beberapa hal yang aneh saat tidur. Misalnya seperti tidur berjalan, berbicara saat tidur, bila mendengar suara kecil langsung terbangun dan hal-hal lain semacamnya.

Bila Anda mengalami hal seperti dibawah ini, mungkin Anda patut waspada bahwa Anda telah mengalami gangguan tidur:

Sleep paralysis
Ini adalah kondisi dimana seseorang terjaga tapi masih tidak bisa bergerak. Mitos di Indonesia, hal tersebut sering dikaitkan dengan makhluk halus yang menindih tubuh manusia. Sebenarnya ada alasan logis untuk hal ini, yaitu sebagian otak bangun lebih cepat daripada otak yang satunya.

Bagian otak yang telah bangun tersebut membuat Anda merasa terjaga dan waspada, sementara bagian otak yang mengendalikan otot masih dalam keadaan tidur. Memang tidak mengakibatkan hal yang fatal, namun sedikit menakutkan bukan?

Mengigau
Mengigau atau berbicara saat tidur juga dikenal dengan sebutan somniloquy yang berarti orang yang berbicara atau membuat suara saat tidur. Bisa berbicara dengan jelas atau hanya bergumam saja.

Ada beberapa alasan mengapa gangguan tidur ini muncul, seperti stres yang tinggi, konsumsi alkohol atau kurang tidur. Mengigau bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan, tapi itu mungkin bisa mengganggu pasangan Anda.

Makan sambil tidur
Mungkin Anda salah satu yang pernah merasakan hal tersebut, saat terbangun di tengah malam tiba-tiba Anda telah membuka kulkas kemudian memakan sesuatu. Anda harus berhati-hati dalam kondisi ini, karena dapat melukai diri sendiri, seperti masalah gigi dan cedera tangan.

Sleep sex
Dalam kondisi ini, orang sedang dalam aktivitas seksual dengan pasangannya saat tidur atau ia memang belum benar-benar terjaga. Hal ini terjadi mungkin karena orang tersebut sedang bermimpi sedang berhubungan seksual. Kondisi ini pasti sangat memalukan bahkan dapat membuat Anda menyesal nantinya.

Sleep falling
Pada kondisi ini seseorang akan merasa seolah-olah ia jatuh dari tempat yang tinggi seperti tebing atau gunung. Ketika di dalam mimpi, tubuh Anda akan seperti lumpuh namun dalam keadaan sleep falling seseorang memang tertidur tapi tubuhnya tetap terjaga.

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section