1. HOME
    2. FRESH
FRESH

Pegang Jabatan Manajer, Anda Wajib Baca 10 Buku Ini

Ada satu bab dalam buku ini yang membahas bahaya terlalu kaku di tempat kerja.

By Rizki Astuti 31 Januari 2016 19:05

Money.id - Pertama kali menerima tugas sebagai penanggungjawab di bagian manajemen, kadang membuat seseorang merasa gugup. Banyaknya saran tentang kegiatan manajemen, dirasa tak cukup membantu.

Nah ada solusi mengtasinya yaitu dengan membaca 10 buku yang menawarkan wawasan praktis tentang manajemen, terutama bagi Anda yang menduduki jabatan baru sebagai manager. 

1. Drive (Daniel H. Pink)
Sekarang Anda ditugasi untuk memimpin sebuah tim, bagaimana Anda akan menginspirasi mereka untuk melakukan yang terbaik?

Dalam buku ini, Pink menjelaskan mengapa insentif ekstrinsik seperti uang bukan cara terbaik dalam memotivasi kinerja karyawan agar tetap tinggi. Sebaliknya, pengusaha harus fokus menggali pekerja tentang rasa otonomi, penguasaan, dan tujuan untuk membantu mereka berhasil.

Menggunakan contoh kehidupan dan penelitian nyata, Pink menuntun pembaca melalui ketiga konsep penting dalam dunia bisnis.

2. The One Thing You Need to Know (Marcus Buckingham)
Menurut Buckingham, manajer dapat mengetahui dan memanfaatkan kekuatan para karyawannya. Cara ini jauh lebih efektif daripada mencoba untuk meningkatkan titik lemah karyawan.

Tips yang ditawarkan adalah menetapkan harapan yang jelas, memberikan pujian lalu pengakuan, dan menunjukkan Anda peduli tentang mereka. Buku ini menarik dibaca bagi mereka yang bertransisi dari menata diri sendiri menjadi mengelola orang lain.

3. Thinking, Fast and Slow (Daniel Kahneman)
Buku bestseller pada 2011 ini adalah favorit mulai dari Jack Zenger, pendiri dan CEO konsultan kepemimpinan Zenger/Folkman, hingga Kahneman, seorang psikolog memenangkan Hadiah Nobel di bidang ekonomi.

Membagi pemikiran manusia menjadi dua sistem, pertama cepat dan intuitif, kedua lambat dan penuh pertimbangan. Menggunakan kerangka kerja itu, dia memaparkan sejumlah bias kognitif yang memengaruhi perilaku Anda sehari-hari.

Ketika Anda mengalami transisi untuk memanajemen orang, buku ini sangat membantu dalam mengantisipasi hambatan psikologis pada diri sendiri dan tim.

4. Act Like a Leader, Think Like a Leader (Herminia Ibarra)
Buku ini berisi nasehat-nasehat tidak biasa bagi para manajer dan calon manajer. Ibarra, profesor di sekolah bisnis INSEAD menyarankan pemimpin untuk bertindak, berpikir, dan belajar dari eksperimen serta pengalaman langsung.

Bahkan ada satu bab membahas bahayanya terlalu kaku di tempat kerja. Secara keseluruhan, buku ini adalah pengingat bahwa, dalam rangka untuk memimpin tim, Anda harus melangkah di luar zona nyaman Anda.

5. How to Win Friends and Influence People (Dale Carnegie)
Meski telah dipublikasi selama 80 tahun, namun buku ini masih laris. Investor buku ini membantu membangun kepercayaan diri yang diperlukan untuk memimpin, memotivasi, dan menginspirasi tim Anda.

Saran Carnegie berfokus pada memaksimalkan interaksi dengan orang lain, karena penting untuk keberhasilan Anda sebagai seorang pemimpin, dan dalam kehidupan pada umumnya. Contohnya dapat mendorong orang berbicara tentang sendiri, bukan mendominasi percakapan. 

Next: Mindset

 

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section