1. HOME
    2. FRESH

10 Rutinitas Pebisnis Sukses yang Perlu Anda Contoh

Sebagai pembisnis, Anda dituntut mengatur rutinitas untuk memastikan bahwa perusahaan telah memberikan layanan terbaik.

By Rizki Astuti 13 Februari 2016 11:32
Sukses dDalam Berbisnis (mazumausa.com)

Money.id - Pemilik bisnis yang sukses miliki rutinitas baik yang mendorong kesuksesan mereka. Terlebih hal itu dapat diraih dalam semalaman hanya karena rutinitas yang baik terbentuk dan segala upaya telah dilakukan dalam membangun pondasi bisnis.

Dilansir dalam laman contentrecruitmentmarketing, sebagai pembisnis, Anda dituntut mengatur rutinitas untuk memastikan bahwa perusahaan telah memberikan layanan terbaik dan mendapatkan segala yang diinginkan.

Berikut adalah 10 rutinitas yang selalu dilakukan pebisnis yang sukses. Sehingga bisa dijadikan pegangan dalam menyusun pekerjaan diselesaikan dengan baik.

1. Selalu Membuat Perencanaan

Sama seperti pemilik bisnis lain, Anda akan menghadapi pekerjaan dan tugas-tugas sepanjang hari. Tidak akan ada yang tahu yang dilakikan dalam mengahadapi perencanaan untuk semua kekacauan yang akan datang.

Sehingga perlu membuat perencanaan di waktu terbaik yaitu sebelum bekerja atau bahkan malam hari.

Tuliskan semua tugas yang perlu diselesaikan. Sorot yang paling penting dan pastikan bahwa tugas tersebut yang pertama selesai. Setelah itu, Anda hanya perlu mencentang pekerjaan lainnya. Jika Anda belum menyelesaikan sisa tugas dalam daftar pada akhir hari itu, pindahkan ke hari esok.

2. Memperhatikan Pesaing

Dengan kesibukan pekerjaan sehari-hari, Anda dapat dengan mudah lupa bahwa masih ada kompetisi di luar sana.

Mereka tidak akan memberitahu Anda ketika mereka mengubah strategi, produk atau layanan jasa mereka. Anda diharapkan selalu up-to-date dengan apa yang mereka lakukan dan apakah itu merupakan ancaman bagi bisnis Anda.

Anda dapat menggunakan alat-alat seperti BuzzSumo, Google Alerts, Hootsuite, TweetDeck, atau SocialMention untuk memonitor perkembangan pesaing Anda.

3. Selalu Update Dengan Berita

Ini seharusnya sudah otomatis ada dalam pikiran Anda. Lakukan aktivitas itersebut setiap hari agar Anda dapat memastikan untuk selalu update.

Hal ini akan secara otomatis membuat Anda dapat menggabungkan sesuatu yang penting ke dalam bisnis secara langsung.

4. Melakukan Analisis Terhadap Angka-Angka

Angka-Angka ini sangat unik untuk bisnis Anda, seperti angka penjualan, laba, arus pelanggan, dan sebagainya. Periksa ini setiap hari sehingga Anda tahu persis apa yang menghalangi rencana Anda.

Namun jangan terlalu terjebak dengan statistik jika Anda bekerja untuk hasil jangka panjang. Meski tidak terlalu menjadi masalah jika itu hanya untuk memonitor kemajuan Anda.

5. Berkomunikasi Dengan Tim

Komunikasi sangat penting untuk sebuah kesuksesan. Bahkan jika Anda bekerja sendiri yang mungkin memiliki hubungan dengan orang lain untuk tujuan pekerjaan.

Luangkan waktu untuk menghubungi mereka dan beri mereka berita atau meminta saran atau dukungan jika Anda membutuhkannya.

Anda mungkin bisa 'berteman' dengan pemilik bisnis lain. Sehingga akan membuat Anda jauh lebih sukses jika berbagi pengalaman dan merasa bertanggung jawab kepada orang lain selain diri Anda untuk menyelesaikan pekerjaan.

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section