1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Tips dan Trik Bikin Alpukat Cepat Matang dengan Garam

Alpukat cepat matang dan empuk dengan garam.

By Azalia Amadea 18 April 2016 15:46
Ilustrasi alpukat matang (Foto: huffingtonpost.com)

Money.id - Mungkin sering kali Anda membeli alpukat namun masih dalam keadaan setengah matang atau keras. Sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat alpukat matang dan empuk.

Kebanyakan dari Anda mungkin hanya mengetahui cara cepat mematangkan alpukat dengan merendam alpukat dalam beras. Namun terkadang hal tersebut malah membuat alpukat menjadi busuk.

Ada cara lain membuat alpukat mudah matang yaitu dengan garam, seperti dikutip dalam laman vemale.com Senin 18 April 2016. Caranya mudah hanya dengan membuat guratan melingkar pada ujung kepala alpukat dekat dengan batang, irisannya jangan dibuang.

Lalu, taburi dengan garam dan tutup kembali dengan irisan pangkal alpukat. Simpan alpukat dalam suhu ruangan dan tunggu hingga matang. Selain cara tersebut, berikut juga ada tips menyimpan buah alpukat agar tidak mudah busuk.

1. Jangan simpan buah alpukat yang masih mentah di kulkas karena akan membuat daging buah menjadi keras.
2. Jangan menyimpan buah alpukat terlalu lama di bawah paparan sinar matahari langsung.
3. Jika tak ingin buah alpukat terlalu matang, Anda dapat menaruhnya di mangkuk dan diamkan beberapa hari hingga alpukat matang dengan sendirinya.
4. Olesi permukaan daging alpukat yang sudah dipotong dengan perasan jeruk lemon. Cara tersebut dapat membuat alpukat yang sudah dipotong menjadi tidak mudah kehitaman.

Sementara itu, jangan sampai lupa untuk mengecek buah alpukat setiap hari agar tidak busuk akibat terlalu lama menyimpannya. Perhatikan juga kondisi saat memilih buah alpukat sebelum membelinya.

Sebaiknya, pilih buah alpukat yang kulitnya sudah berwarna gelap dan saat disentuh terasa lembut serta sudah sedikit empuk.

Coba juga untuk menekan permukaan alpukat dengan jari, jika menimbulkan bekas lekukan berarti alpukat sudah terlalu kematangan. Cara lainnya, dengan mematahkan batangnya, jika batangnya mudah dipatahkan itu berarti buah alpukat sudah matang. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section