1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Strategi Marketing Andalan Tapong Mini Tingkatkan Penjualan

"Saya tidak bisa memungkiri di zaman serba internet ini marketing by online-lah yang sangat efektif"

By Azalia Amadea 9 Mei 2016 17:19
Tapong mini (Money.id/Azalia Amadea)

Money.id - Siapa yang tak mengenal sajian tradisional Tahu Pong? Makanan khas Semarang ini cukup populer dikalangan masyarakat Indonesia. Salah satu entrepreneur muda yaitu Jessica (24) melihat adanya peluang usaha baik dengan menjual Tahu Pong.

Dengan memodernkan tahu pong menjadi Tapong Mini atau Tahu Pong Mini ia membuka usahanya pada April 2014. Anak pertama dari Hamdani Boediardjo penerus usaha Tahu Pong Gereja Ayam tersebut berkreasi dengan membuat tahu pong ala street food.

Omzet Tapong Mini mencapai Rp6 juta per minggunya dengan berjualan di bazar-bazar di kawasana mall di Jakarta. Pemilik usaha Tapong Mini ini tak sungkan membeberkan trik marketing bisnis kulinernya tersebut.

Sajian Tapong Mini/Azalia Amadea Money.id

"Saya tidak bisa memungkiri di zaman serba internet ini marketing by online-lah yang sangat efektif. Bisa ngeblast secara cepat, tapi tidak dipungkiri mouth by mouth juga sangat membantu," ujar Jessica Hani Boediardjo pemilik Tapong Mini yang ditemui Money.id di Jakarta, Senin 9 Mei 2016.

Selain itu, Jessica juga senang menjaga hubungan baik dengan loyal customer Tapong Mini. Terutama pelanggan-pelanggan lama yang sudah tahu Tapong Mini sejak zaman dulu.

Jessica juga pernah meng-endorst artis seperti Sharena Delon dan Ayla Dimitri untuk menaikan penjualan Tapong Mini. Ia juga rajin mengirimkan Tapong Mini untuk rekan-rekan kerjanya di media.

"Saya rajin kirim sample ke rekan-rekan kerja dan media, karena menurut saya kalo bisnis kuliner itu yang terpenting orang lain coba rasa makanannya terlebih dahulu. Gimana pun juga rasa adalah nyawa dari bisnis kuliner" kata wanita pecinta anjing tersebut.

Tapong Mini juga pernah beriklan di laman instagram namun dirasa Jessica budgetnya tidak terlalu mahal. Cukup siapkan uang Rp300 ribu Tapong Mini dapat beriklan dua kali di laman sponsor instagram.

"Untuk marketing dan promosi sendiri kami tidak pernah menyiapkan budget khusus, yang murah meriah saja" kata Jessica sambil tertawa malu.

Strategi lainnya yang ia jalankan adalah tentunya dengan mengikuti bazar-bazar di Ibu Kota. Dalam seminggu Tapong Mini dapat berjualan hingga ditiga tempat berbeda. Kini penjualan Tapong Mini sudah hampir ke seluruh Indonesia bahkan Singapura.

Selanjutnya, Jessica tengah menggarap projek terbaru Tapong Mini yaitu dengan membuka rumah makan yang rencananya akan dilaunching akhir Mei atau awal Juni ini. Jessica mengambil lokasi tak jauh dari lokasi Tahu Pong Gereja Ayam dulu yaitu di wilayah Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section