1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Serangga Jadi Menu Utama di Restoran Inggris Ini

Serangga merupakan sajian yang lezat dan bergizi.

By Azalia Amadea 22 November 2015 16:28
Puff pastry dengan saus serangga (bbc.com)

Money.id - Anda pernah melihat menu pie jangkrik dalam buku menu di restoran yang pernah Anda kunjungi? Jika Anda belum pernah melihatnya, makanan tersebut telah ada dalam buku menu salah satu restoran di Inggris.

Grub Kitchen restoran serangga pertama yang baru saja buka pada bulan November 2015 ini terletak dekat St David, Pembrokeshire, Inggris. Menu yang disajikan sebagian besar berbahan serangga.

Menurut Chef sekaligus pendiri Grub Kitchen, Andy Holcroft, "Saya ingin menunjukkan kepada mereka bahwa serangga merupakan sajian yang lezat dan bergizi, dan merupakan alternatif makanan dengan sumber protein lebih."

Tahun 2050, PBB memperkirakan, akan ada 2,3 miliiar orang yang butuh makan dan permintaan pakan ternak yang akan tumbuh sebesar 70 persen. Dalam sebuah studi yang diterbitkan tahun 2013 menemukan bahwa jangkrik 12 kali lebih efisien dari pada memakan daging ayam, babi, dan sapi.

Meskipun kedengarannya aneh untuk beberapa orang, namun memakan serangga atau menjadikan serangga sebagai camilan mungkin hal yang lumrah di banyak negara. Mari kita intip apa saja hidangan yang disajikkan oleh restoran serangga ini.

Sup belalang bawang putih (Grasshopper and garlic soup)

(Grasshopper and Garlic Soup/bbc.com)

Sebagai menu pembuka terdapat sajian sup belalang bawang putih. Sup yang berwarna kemerahan tersebut ternyata memiliki rasa pedas yang cukup enak yang berasal dari rasa belalang itu sendiri, disajikan dengan remahan bawang putih dan kemangi sebagai hiasaanya.

Cacing saus anggur (Worms in wine sauce)

Selanjutnya puff pastry yang disajikan dengan sayuran, cacing dan jangkrik yang dimasak dengan saus anggur merah. Mungkin anda akan merasa takut sebelum mencicipinya, namun menurut para peneliti rasa takut anda akan hilang sekejap ketika anda sudah mencicipi hidangan ini.

Burger kumbang (Bug Burger)

(Bug Burger/bbc.com)

Hidangan utama lainnya adalah buger kumbang roti lapis yang berisi kumbang, cacing, jangkrik dan belalang disajikan dengan keripik polenta dan semut, ditumpuk dengan mayones bawang putih. Rasanya seperti burger vegetarian dengan tekstur renyah yang berbeda-beda dalam sekali gigitan.

Jalan Berbatu (A rocky road)

Hidangan ini disajikan sebagai hidangan penutup, cokelat marshmallow yang didalamnya dicampurkan cacing dan dan belalang terasa lembut dan manis di lidah. Sehingga bahan serangga yang dimasukan dalam hidangan ini pun tertutup dengan manisnya coklat.

Holcroft berharap dia bisa menarik pengunjung wisatawan lebih banyak lagi untuk membuat Grub Kitchen lebih sukses lagi, dan membuat orang-orang menyukai serangga sebagai makanan mereka, seperti yang dikutip dalam laman bbc.

Jika anda sedang berlibur ke Inggris, tidak ada salahnya anda berkunjung ke restoran ini, untuk mencicipi serangga dalam sajian menu makan.

Atau Anda merasa jijik? Itu karena Anda belum terbiasa saja. Makanan ini dijamin bersih kok. (ita)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section