1. HOME
  2. LET'S COOK!
FOOD

Resep Rahasia Semur Jengkol Betawi ala Republik Jengkol

Coba yuk, resep semur jengkol betawi ala warung makan Republik Jengkol.

By Azalia Amadea 20 Mei 2016 11:02
Semur jengkol (bango.co.id)

Money.id - Siapa yang tak tahu semur jengkol? Makanan berbahan dasar jengkol dan kecap ini begitu populer di kalangan masyarakat Jakarta khususnya. Semur jengkol identik dengan nasi uduk khas Betawi.

Berbeda dengan sajian semur lainnya, semur jengkol umumnya terasa manis dan memiliki tekstur bumbu semur yang kental. Baru-baru ini begitu viral di media sosial rumah makan khusus sajian jengkol yaitu Republik Jengkol milik Fatoni.

Salah satu menu jengkol favorit di warung makannya tersebut adalah Semur Jengkol Betawi. "Kalau resep semur jengkol ala saya sangat sederhana dan mudah, bahan-bahannya juga tidak terlalu banyak" ujar Fatoni pemilik usaha warung makan Republik Jengkol yang ditemui Money.id di Jakarta, Jumat 20 Mei 2016.

Fatoni juga tak sungkan membagikan resep rahasia semur jengkol Betawi ala warung makan Republik Jengkol miliknya, berikut resepnya.

Sajian Semur Jengkol/bango.co.id

Bahan-bahan:
- 500 gram jengkol, yang sudah direndam semalaman dan dibuang kulit arinya.
- 3 siung bawang putih
- 1/2 sdt bubuk lada,
- 1/2 sdt bubuk jinten,
- 2 sdt bubuk pala
- 3 buah kemiri
- garam, secukupnya
- penyedap rasa, secukupnya
- kecap manis, secukupnya
- air, secukupnya
- 2 sdt minyak goreng, untuk menumis

Cara memasak:
1. Rebus terlebih dahulu jengkol yang sudah dibersihkan selama kurang lebih 1 jam, hingga empuk dengan menggunakan panci presto.
2. Haluskan bawang putih, dan kemiri, sisihkan.
3. Panaskan minyak untuk menumis bumbu yang telah dihaluskan. Kemudian tambahkan bubuk pala, jinten, lada, garam dan penyedap rasa aduk hingga rata.
4. Tambahkan air dan kecap manis secukupnya, aduk kembali hingga rata.
5. Masak jengkol hingga bumbu meresap. Setelah matang, angkat dan sajikan dengan nasi putih selagi hangat. Selamat mencoba.

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Let's Cook! Section