1. HOME
  2. LET'S COOK!
BUMBU MASAK

Rahasia Memasak Enak dari 4 Chef Ternama

Ternyata memasak ayam goreng tidak semudah yang kita bayangkan.

By Azalia Amadea 26 November 2015 09:19
Empat chef ternama Sisca Soewitomo, Muto, Widhi dan Vindex Tengker/Azalia Amadea-Money.id

Money.id - Indonesia kaya akan keberagaman budaya. Tiap daerah memiliki kuliner khas yang rasanya sangat istimewa.

Bahkan kuliner Indonesia menduduki peringkat nomor satu sebagai makanan ternikmat di dunia, yaitu rendang. Rendang merupakan masakan khas Padang, Sumatera Barat.

Untuk membuat rendang kita membutuhkan banyak bumbu atau rempah-rempah. Proses memasaknya juga tidak sebentar.

Begitu juga dengan hidangan rumahan seperti ayam goreng. Ternyata memasak ayam goreng tidak semudah yang kita bayangkan.

Butuh bahan-bahan serta rempah-rempah untuk membuat bumbu ungkep ayam goreng. Proses pengungkepan ayam yang tepat memakan waktu cukup lama sekitar dua jam agar bumbu meresap dari kulit hingga ke tulang ayam.

"Untuk mendapatkan hasil masakan yang nikmat memang membutuhkan proses, sebagai contoh adalah olahan masakan bumbu kuning. Proses teknik ungkep untuk memastikan seluruh bumbu meresap sehingga menghasilkan warna, rasa, dan aroma yang sempurna, tidaklah sebentar," kata pakar kuliner nusantara serta konsultan kuliner Sisca Soewitomo saat ditemui dalam acara Royco di Jakarta pada Rabu, 25 November 2015.

Bumbu kuning terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, lada, jahe, dan lengkuas. Bumbu kuning dapat Anda gunakan untuk olahan seperti ayam goreng, pepes, soto, bahkan sate.

Sedangkan chef Vindex, Head Jury dalam program Top Chef dan Master Chef Indonesia mengatakan, sebagai seorang chef, tantangan terbesar dalam menyajikan masakan enak adalah rasa yang disajikan harus konsisten.

"Racikan bumbu yang tidak sesuai akan mempengaruhi rasa masakan," kata Vindex.

"Efisiensi dalam memasak juga dibutuhkan, terutama ketika kita menggunakan bumbu-bumbu yang tidak tahan lama jika disimpan patut dijadikan pertimbangan pembuatannya agar sesuai dengan porsi penyajian, dan bumbu menjadi tidak mubazir," kata chef Widhi, Executive Chef Unilever Food Solutions, Indonesia.

Chef Muto yang dikenal sebagai Kung Fu Chef menambahkan, "Sebaiknya bumbu-bumbu benar-benar dipersiapkan terlebih dahulu, sehingga mempermudah proses memasak menjadi cepat."

Jika Anda menginginkan masakan terasa nikmat, sebaiknya perhatikan dengan tepat setiap proses memasak dilakukan.

Bukan hanya rasa, ternyata proses dari memasak itu sendiri merupakan kunci penting lezat atau tidaknya hasil masakan. (poy)

(da/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Let's Cook! Section