1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Pizza Akan Jadi Makanan Warisan Dunia Selanjutnya

Pengajuan cara pembuatan pizza sebagai warisan dunia pada UNESCO merupakan hal baru dan unik yang belum pernah ada.

By Dian Rosalina 9 Maret 2016 17:35
Pizza Naples (www.mejplacehostel.com)

Money.id - Pizza dikenal sebagai salah satu makanan khas dari Italia. Makanan tersebut sejenis roti bundar yang dilumuri saus tomat disertai dengan bahan-bahan lainnya seperti keju dan daging.

Hampir di seluruh dunia menjual makanan ini karen rasanya yang khas dan nikmat. Karena itulah, Italia mulai mendaftarkan cara pembuatan varian pizza khas Naples sebagai salah satu warisan budaya dunia, UNESCO.

Dikutip dari QZ, Rabu 9 Maret 2016, banyak pizza yang mulai berkembang sejak dulu di Naples, Italia. Pizza pertama yaitu margherita yang dilengkapi dengan tomat, keju mozzarella, dan daun basil.

Makanan itu pertama kali dibuat oleh sebuah restoran bernama Pizzeria Brandi di Naples untuk menghormati kunjungan Ratu Margherita pada tahun 1886. Italia beralasan bahwa pizza khas Naples memiliki banyak jenisnya di dunia.

Sementara itu pizza Neapolitan yang akan di daftarkan ke UNESCO berbentuk bundar dengan bagian tengah roti yang empuk dan pinggiran yang renyah. Makanan ini disebut sebagai salah satu pencapaian yang luar biasa dalam peradaban manusia dan harus dianggap sebagai warisan dunia.

Selama ini masih belum ada tradisi lokal berupa teknik produksi makanan yang dianggap warisan dunia. Oleh karena itu, pengajuan cara pembuatan pizza sebagai warisan dunia pada UNESCO merupakan hal baru dan unik yang belum pernah ada.

Sebelumnya pada tahun 2016, negara Uni-Eropa mengakui teknik pembuatan pizza ini dan memberikannya penghargaan. Teknik pembuatan pizza Neapolitan tersebut mencakup beberapa langkah.

Pertama tidak boleh lebih dari 35 centimeter, lapirsan luar yang tebal adalah 2 centimeter, serta memiliki toping topat, mozzarella asal Naples, minyak dan basil. Proses pemanggangannya pun diperhatikan yaitu harus menggunakan oven kayu.

Tahun 2017 mendatang, akan diputuskan apakah pembuatan pizza tersebut memang layak untuk jadi warisan di dunia atau tidak. Semua itu tergantung dari dikusi dengan 193 negara anggota PBB.

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section