1. HOME
    2. FOODILICIOUS
MONEY WEEKEND

Menikmati 'Nasi Punclut' Diselimuti Dingin Bandung

Ketika sampai Punclut bisa melihat pemandangan Kota Bandung dari ketinggian.

By Rohimat Nurbaya 15 April 2016 18:57
Kawasan Kuliner Punclut Bandung (Instagram/jeffwatti)

Money.id - Kota Bandung terkenal dengan keragaman aneka kuliner. Memang, tidak akan pernah ada habisnya menggali macam-macam kuliner nikmat di Kota Kembang ini. Satu lagi, kuliner Bandung yang cukup tenar adalah 'Nasi Punclut'.

'Nasi Punclut' sendiri diambil dari nama lokasi wisata kuliner itu, tepatnya Cimbuleuit. Nama Punclut berasal dari pemengalan dua kata yakni 'Puncak Cimbuleuit'.

Menuju ke sana sangat gampang, misalnya dari Univesitas Padjadjaran (UNPAD) Dipatiukur, Bandung, tinggal lurus terus ke Simpang Dago. Setelah itu ikuti arah ke Jalan Siliwangi hingga melewati Taman Babakan Siliwangi.

Tidak jauh dari sana ada pertigaan lalu belok kanan menuju arah Universitas Katolik Parahyangan (Unpar). Perjalanan belum selesai, masih lurus hingga bundaran Cimbuleuit, lalu ambil jalan ke arah Politeknik Kesehatan TNI AU Cimbuleuit. Dari sana hanya tinggal lurus sekitar 2,4 kilometer lagi.

Setelah sampai di Puncak Cimbuleuit pasti tidak akan menyesal, karena di sana bisa melihat pemandangan Kota Bandung dari ketinggian. Semuanya terlihat indah diringin hening suasana alam dan udara dingin yang menyejukan tubuh, hati serta fikiran.

Surga makan

Di sana berjejer warung-warung makan. Uniknya, menu dari semua warung sama, rasanya juga tidak jauh berbeda. Sehingga ketika menginjakan kaki di Punclut tidak usah bingung. Mau datang ke warung paling sepi maupun paling ramai rasa dan makanannya sama semua.

Menu yang ditawarkan di sana adalah makanan khas Sunda, lengkap dengan nasi merah dan lauk pauk yang berlimpah. Harga makanan di sana relatif murah, dijamin tidak akan membuat kantong jebol. Sangat cocok untuk mentraktir kolega maupun keluarga.

Menu andalan di sana adalah berbagai jenis ikan asin dengan sambal terasi yang menggugah selera. Setelah mencicipi sambal di sana dijamin akan terbayang hingga pulang ke rumah. Rasa sambalnya pedas manis dengan aroma terasi yang pas.

Menu makanan dijual di Punclut (Instagram/Angga)

Apabila tidak suka dengan ikan asin di sana juga ada ayam goreng, ayam bakar, ikan mas, ati ampela, usus, udang, tahu serta tempe. Kemudian disediakan juga beragam pepes seperti pepes ayam, pepes ikan, pepes usus, pepes jamur, dan pepes peda.

Untuk nasi apabila tidak suka dengan nasi merah, pengunjung juga bisa memilih nasi putih. Di sana semuanya tergantung selera. Ketika hendak makan, pengunjung tinggal memilih sendiri makanan yang diinginkan, kemudian nanti akan digoreng lagi atau dihangatkan.

"Semua makanan di sini disajikan dadakan (penyajiannya selagi masih hangat)," kata Ibu Ita salah satu pomilik warung di sana.

Menu makanan dijual di Punclut (Facebook/Wawa Wardhana)

Dia menyarankan, untuk memastikan harga makanan, pengunjung jangan segan-segan menanyakan lebih dulu. Karena di  sana hal itu sangat lumrah. Pasalnya, jenis makanannya banyak dan harganya variatif.

Misalnya, untuk ayam bakar biasanya dipatok Rp10 ribu dan pepes ayam Rp25 ribu. Kemudian untuk ikan asin biasanya dipatok dari Rp5 ribu hingga Rp10 ribu. Kemudian tempe dan tahu goreng Rp2 ribu per buah. Kemudian pepes tahu Rp4 ribu.

"Pokoknya di sini mah sudah pada tahu, kalau yang sudah makan ke sini tidak akan kapok, pasti datang lagi," ujarnya.

NEXT>> Menuju ke Punclut Lebih Enak Menggunakan Kendaran Pribadi

Baca Juga

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section