1. HOME
  2. LET'S COOK!
FOOD

Legitnya Biji Salak Ubi Ungu ala Rumahan, Ini Resepnya

Coba yuk resep biji salak ubi ungu untuk santapan berbuka puasa di rumah.

By Azalia Amadea 9 Juni 2016 18:07
Biji salak ubi ungu (qudapan.blogspot.com)

Money.id - Biji salak atau yang populer dengan sebutan bubur candil adalah salah satu sajian favorit berbuka puasa selain kolak pisang. Bola-bola ubinya yang kenyal dan legit semakin nikmat berpadu dengan gurihnya kuah santan.

Makanan jenis bubur-buburan ini menggunakan bahan dasar ubi jalar. Umumnya bahan yang digunakan adalah ubi kuning, oranye, atau ungu. Dilansir dalam laman cookpad.com Kamis 9 Juni 2016, berikut resep biji salak ubi ungu ala rumahan yang praktis dan tentunya nikmat untuk berbuka puasa. 

Sajian Biji Salak Ubi Ungu/qudapan.blogspot.com

Bahan-bahan:
- 150 gram tepung ketan
- 100 gram ubi ungu (kukus dan haluskan)
- 1/2 sendok teh garam
- Air, secukupnya
- 250 gram gula pasir

Bahan kuah:
- 300 ml santan
- 1 sdm tepung maizena
- 100 mili air
- 1/2 sendok teh garam
- 2-3 lembar daun pandan

Cara membuatnya:
1. Siapkan wadah untuk mencampur bahan biji salak. Masukkan ubi yang sudah dikukus, tepung ketan, garam, dan gula. Uleni atau campur adonan sambil menuang sedikit demi sedikit air. Campur adonan hingga kalis atau tidak lengket, sisihkan.
2. Siapkan panci, rebus air hingga mendidih. Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan, besarnya sesuai selera. Kemudian rebus ubi ungu satu persatu. Jika sudah mengapung, angkat dan tiriskan.
3. Siapkan lagi panci untuk membuat kuah santan. Rebus santan, beri sedikit garam, dan daun pandan. Aduk-aduk agar santan tidak pecah, lalu masukkan tepung maizena yang sudah diberi air. Aduk hingga kuah santan mengental, jika sudah mendidih matikan api.
4. Siapkan mangkuk untuk penyajiannya. Masukkan beberapa butir biji salak dan beri kuah santan. Sajikan selagi hangat, selamat mencoba. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Let's Cook! Section