1. HOME
  2. LET'S COOK!
FOOD

Kue di Hotel Ini Dipanggang Menggunakan Sinar Matahari

Oven bertenaga sinar surya matahari itu mampu memanaskan makanan hingga 400 derajat celcius.

By Putri Nabilla 22 Oktober 2015 12:44
Oven tenaga surya milik Hotel Ritz-Carlton di tepi Pantai Dorado, Puerto Rico (Bon Appetit)

Money.id - Tak lengkap rasanya jika bersantai di pantai tanpa ditemani dengan minuman segar. Sekilas tidak ada yang berbeda dengan Hotel Ritz-Carlton di tepi Pantai Dorado, Puerto Rico, yang berjarak 45 menit dari San Juan, dengan hotel pada umumnya.

Kecuali kue kering coklat di sini yang tidak dipanggang di dapur, melainkan dipanggang di luar ruang dengan menggunakan oven bantuan tenaga matahari.

Seperti dikutip dari laman bonappetit.com, Sara Welsh selaku manajer yang menjadi pelopor Duta Besar Inisiatif Lingkungan mengungkapkan, bahwa oven itu berpusat pada cahaya dan energi matahari. Oven bertenaga sinar surya matahari ini pembelian dari ”Sun Ovens International” yang dapat memanaskan antara 300 dan 400 derajat celcius.

Bagian dalamnya berwarna hitam dan memiliki alat tutup kaca untuk menjaga panas di dalamnya. Pada bagian luarnya berupa logam yang membantu memfokuskan sinar yang di tengah. Tetapi kita harus tetap mengawasi untuk memastikan makanan yang dipanggang terfokus oleh sinar matahari.

Seperti oven pada umumnya, oven ini pun perlu dipanaskan terlebih dulu selama 30 menit sebelum adonan dimasukkan. Kemudian kue membutuhkan waktu selama 30 menit untuk dipanggang. Selain bisa memanggang kue dengan oven sinar surya, alat ini juga memasak pizza dengan cara alami tanpa menebang pohon.

Welsh mengajarkan secara alami, dengan mengandalkan sinar surya matahari tanpa penggunaan listrik.

Welsh memimpin eko-wisata di resor untuk anak-anak dan orang dewasa yang meliputi snorkeling, hiking, dan belajar tentang makanan daerah dengan terlatih. Ia membawa anak-anak berjalan-jalan melalui kebun sayur, mengajarkan mereka tentang dari mana makanan resor berasal.

"Bagi kami, oven matahari adalah cara untuk mendapatkan anak-anak berpikir tentang bagaimana manusia bisa memanen energi yang sangat besar dari matahari dengan cara yang lebih baik," tutur Welsh.

Oven ini mendapatkan cukup panas meskipun tidak ada api yang menyala serta aman untuk anak-anak sehingga tidak perlu khawatir mereka akan terluka. Rasa yang dihasilkan oleh oven tenaga surya ini pun lebih enak. (dwq)

Suka artikel ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(da/pn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Let's Cook! Section