1. HOME
    2. FOODILICIOUS
FOOD

Kisah Sukses Minuman Berenergi Asal Indonesia, Extra Joss

Kata 'Joss' berasal dari dialek pergaulan masyarakat Surabaya yang terkenal suka bersuara lantang dan blak-blakan.

By Dian Rosalina 19 April 2016 12:11
Minuman Berenergi Extra Joss (bundar.net)

Money.id - Ingatkah Anda dengan logo yang bergambar tangan dikepal ke atas? Ya, itu adalah salah satu merek minuman berenergi yang cukup populer di Indonesia, Extra Joss.

Peluncurannya dipicu oleh pemikiran orang-orang dulu bahwa semakin hari orang kalangan status sosial ekonomi menengah ke bawah membutuhkan minuman kesehatan atau berenergi. Namun sayangnya harga jual produk minuman berenergi pada saat itu belum terjangkau untuk golongan ekonomi tersebut.

Melihat ini, PT Bintang Toedjoe--perusahaan--memproduksi obat-obatan farmasi berbentuk serbuk dan dikemas di dalam sachet--akhirnya menyajikan minuman kesehatan yang berbentuk serbuk juga.

Selain bisa menekan biaya penjualan, produk tersebut juga tidak memerlukan botol serta distribusinya pun jadi lebih mudah.

Extra Joss mulai diproduksi oleh PT Bintang Toedjoe sejak 14 Agustus 1994. Ide nama 'Extra Joss' diperoleh karena mudah diingat, sederhana, dan terkesan segar dengan dua huruf 'S' ganda yang menguatkan personalitinya. Kata 'Joss' berasal dari dialek pergaulan masyarakat Surabaya yang terkenal suka bersuara lantang dan blak-blakan.

'Joss' bermakna manjur atau oke. Tidak heran bila Bintang Toedjoe memilih Jawa Timur sebagai lokasi peluncuran perdana produk Extra Joss, khususnya di Malang dan Surabaya pada September 1994.

Setelah dipastikan semuanya berjalan lancar, akhirnya mereka pun melakukan grand launching pada April 1995 bersama Wicaksana Overseas Internasional (WOI) sebagai distributor resmi mereka.

NEXT: Populer di kalangan masyarakat

Baca Juga

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section