1. HOME
  2. FOODILICIOUS
KOPI

Ketahui Cara Seduh Kopi yang Benar

Penyeduhan kopi merupakan proses yang penting dalam pembuatan kopi, terutama pada kopi jenis arabika.

By Stella Maris 9 Oktober 2015 14:02
Biji kopi yang sudah disangrai (Pixabay).

Money.id - Kopi merupakan minuman yang menyehatkan bila Anda mengonsumsinya dalam jumlah moderat dan tanpa gula. Namun ternyata menyeduh kopi tidak boleh asal-asalan lho dan ada caranya.

Barista ternama asal Jakarta, Iwan Setiawan mengatakan penyeduhan kopi merupakan proses yang penting dalam pembuatan kopi, terutama pada kopi jenis arabika.

Lalu bagaimana cara penyeduhan kopi yang benar?

Juara Indonesia Latte Art Champhionship 2014 itu mengatakan pada dasarnya penyeduhan kopi yang baik tergantung dari lidah si penikmat. Namun bila Anda ingin membuat secangkir kopi arabika favorit di rumah, dapat melakukan beberapa langkah ini.

"Tingkat pemasakan kopi untuk light roast gunakan air matang dengan suhu tinggi yaitu sekitar 95 derajat celcius, agar kopi terekstraksi dan mengeluarkan cita rasanya," kata Iwan saat diwawancarai Money.id.

Sementara untuk medium dan dark roast, penyeduhan harus menggunakan air bersuhu 80-92 derajat celcius. "Itu karena saat pemanggangan biji kopi sudah disangrai dalam suhu tinggi. Kalau suhu air terlalu tinggi, otomatis rasa seperti pembakaran biji (gosong) akan terasa."

Nah sebelum mempraktikannya, Anda harus mengetahui empat jenis kopi yang ada di Indonesia. Selain arabika dan robusta, ada pula liberika dan ekselsa yang sudah langka ditemui. (dwq)

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section