1. HOME
  2. FOODILICIOUS
KESEHATAN

Kenapa Kita Sulit 'Move On' dari Junk Food?

Rasa junk food memang nikmat tiada tara. Tapi, tetap saja tidak sehat.

By Ita Malau 23 Oktober 2015 10:49
Hamburger, salah satu junk food favorit (Pixabay)

Money.id - Apakah junk food bagus untuk kesehatan? Sebagian besar dari Anda sudah tahu jawabannya: tidak!

Tapi, kenapa restoran-restoran junk food kian ramai saja dari  hari ke hari. Mungkin, Anda termasuk yang belum bisa menolak makanan satu ini.

Salah satu alasan mengapa banyak orang sulit menghalau godaan makan cepat saji ini adalah rasa yang nikmat. Industri junk food memang melakukan serangkaian tes panjang untuk menemukan racikan yang pas di lidah banyak orang.

Selain rasa, ada beberapa penyebab lainnya mengapa Anda belum bisa move on dari makanan satu ini. Berikut beberapa di antaranya, seperti dikutip dari laman Boldsky:

1. Adiktif
Sekali merasakan kenikmatannya, lidah kita ingin mencoba lagi dan lagi. Kenapa?

Ya, makanan junk food bersifat adiktif. Beberapa kandungan dalam makanan ini memang bersifat adiktif.

2. Stres
Anda dalam tekanan tugas-tugas kuliah? Atau pekerjaan Anda menumpuk? Sebuah studi mengungkap bahwa orang-orang yang sedang stres cenderung akan mencari makanan junk food. Termasuk Anda?

3. Iklan
Gambar-gambar iklan junk food didesain sedemikian rupa untuk membuat air liur Anda turun. Makanan itu ditampilkan semewah mungkin dan selezat mungkin.  

4. Bosan makanan sehat
Harus kita akui, kebanyakan makanan yang sehat memang tidak memiliki rasa yang enak. Dalam waktu tertentu hidup sehat itu, terbersit di otak Anda, sekali waktu rasanya tidak salah kan menikmati junk food.

5. Malas masak
Orang-orang yang hidup di kota besar selalu sibuk dengan urusan mereka masing-masing sehingga malas atau tak sempat lagi masak di rumah. Pilihanpun jatuh pada makanan cepat saji.

6. Mekanisme Reward
Bagi beberapa orang, makan junk food menjadi reward atas sebuah 'prestasi,' termasuk sukses menurunkan berat badan sekian kilogram, sukses makan makanan sehat beberapa waktu tertentu, dan lain-lain.

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(im/im)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section