1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Kenali Jenis-jenis Tahu Agar Tak Salah Mengolahnya

Sebelum mengolah tahu ketahui terlebih dahulu jenis-jenis tahu sebagai berikut.

By Azalia Amadea 11 April 2016 12:15
Ilustrasi tahu putih (Foto: royco.co.id)

Money.id - Tahu adalah makanan murah meriah yang mudah untuk dijadikan berbagai macam olahan. Namun, terkadang salah memilih tahu dapat membuat sajian tahu menjadi hancur dan kurang nikmat.

Tekstur tahu yang lembut membuat makanan dengan bahan utama kedelai ini mudah hancur. Agar sajian tahu Anda tidak mudah hancur sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis tahu apa yang cocok dalam masakan yang akan dihidangkan.

Melansir dalam laman royco.co.id Senin 11 April 2016 berikut jenis-jenis tahu yang perlu Anda ketahui agar sajian tahu semakin nikmat dan tidak hancur.

1. Silken tofu
Tahu jenis ini biasa disebut tahu sutra atau silken tofu. Tahu jenis ini berbentuk kotak dengan pori-pori sangat kecil sehingga begitu lembut. Tahu ini cocok untuk diolah menjadi sajian sapo tahu atau pelengkap dalam sup.

Silken tofu juga cocok untuk dijadikan makanan penutup atau sebagai pengganti mayones. Cara mengolah tahu ini agar tidak mudah hancur adalah goreng terlebih dahulu sebelum dicampur dengan bahan masakan lainnya.

2. Soft tofu
Jenis tahu berikutnya adalah soft tofu yang memiliki tekstur tidak selembut silken tofu namun juga tidak terlalu padat. Tahu ini cocok dijadikan pengganti telur dan keju dalam berbagai resep tumisan sayur.

3. Tahu putih
Tahu ini seringkali kita jumpai di pasar maupun supermarket. Jenis tahu ini paling banyak dikonsumsi. Teksturnya yang cukup padat membuat tahu putih cocok diolah dengan cara dipanggang, dibakar, dan ditumis. Tahu ini juga cocok dijadikan olahan seperti tahu isi dan bakso tahu.

4. Tahu telur
Tahu telur atau egg tofu merupakan jenis tahu yang bahan utamanya dicampurkan telur. Sebenarnya jenis tahu ini juga termasuk dalam jenis silken tofu. Penambahan telur dalam tahu ini membuat egg tofu terasa lebih gurih dan sedikit amis.

5. Tahu cokelat
Ini adalah tahu dengan tekstur padat. Umumnya tahu cokelat dijadikan sebagai olahan tahu goreng isi. Teksturnya yang padat membuat tahu ini tidak mudah hancur, namun tahu ini kurang nikmat jika dicampur dalam sajian sapo tahu atau tumisan.

Pemilihan jenis tahu yang tepat dapat membuat sajian masakan Anda menjadi lebih nikmat dan menggugah selera. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section