1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Kenali Ciri Ikan Asin Berformalin

Ikan asin berformalin memiliki tekstur daging yang keras ketika dipegang. Apa ciri lainnya?

By Azalia Amadea 4 Maret 2016 16:00
Ilustrasi aneka macam ikan asin (Foto: wikipedia.org)

Money.id - Ikan asin merupakan olahan berbahan dasar ikan yang diasinkan dengan garam dan dikeringkan agar awet. Ikan asin biasanya disajikan sebagai makanan pelengkap bukan sajian utama.

Ikan asin di Indonesia banyak ragamnya mulai dari ikan asin bulu, jambal roti, hingga teri medan dan dapat dijumpai di berbagai hidangan khas Nusantara. Ikan asin juga sangat mudah ditemukan di pasar dan supermarket.

Saat ini banyak pedagang 'nakal' yang menambahkan formalin sebagai bahan pengawet agar ikan asin dapat tahan lama. Padahal, jelas bahwa formalin sangat tidak baik untuk kesehatan.

Dilansir dalam laman royco.co.id Jumat 4 Maret 2016, berikut tips memilih ikan asin berkualitas yang bebas formalin.

1. Perhatikan aroma ikan asin. Ikan asin berkualitas memiliki aroma khas yang cenderung kurang sedap, sedangkan ikan asin yang diberi pengawet justru akan kehilangan aroma tersebut, atau bahkan tidak memiliki aroma apapun.

2. Sentuh daging ikan asin. Umumnya, daging ikan asin akan mudah hancur. Tetapi, bila ditambahkan formalin, daging ikan asin justru akan menjadi alot dan keras.

3. Perhatikan warna ikan asin. Ikan asin yang berwarna putih bersih bisa jadi justru telah diberi pemutih. Pilihlah ikan asin dengan warna yang normal, bahkan berwarna hitam atau kecokelatan.

4. Perhatikan daya tahan ikan asin. Jika ikan asin yang telah Anda simpan selama lebih dari satu bulan dalam suhu ruangan masih belum busuk, berarti ikan asin tersebut telah diberi pengawet.

5. Perhatikan apakah lalat menghinggapi ikan asin tersebut atau tidak. Lalat biasanya memiliki sensor yang peka, sehingga mereka justru tidak mau hinggap pada bahan makanan yang mengandung bahan kimia.

Jadi jika Anda melihat pedagang ikan asin yang dagangannya tidak dihinggapi lalat, berarti ikan asin tersebut telah diberi pengawet.

Sekarang Anda dapat mengetahui ciri-ciri ikan asin berformalin, dan bisa memilih mana saja ikan asin yang baik untuk kesehatan. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section